23 December 2021, 15:21 WIB

Jembatan Suramadu Ditutup Mulai Jumat (31/12/2021) - Sabtu (1/1/2022)


Faishol Taselan |

JEMBATAN Surabaya-Madura (Suramadu) dipastikan ditutup pada saat pergantian malam Tahun Baru  2022 nanti. Ini untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan sekaligus kerumunan massa.

"Penutupan di Jembatan Suramadu baik dari arah barat maupun timur akan diberlakukan mulai Jumat (31/12) pukul 21.00 WIB sampai Sabtu (1/1) pukul 05.00 WIB," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman di Surabaya, Kamis (23/12)

Meski ditutup total, pihaknya masih memperbolehkan ada melewati Jembatan Suramadu hanya bagi mereka yang memiliki kepentingan mendesak, sepeti ambulans atau mengantar orang sakit.

Selain Suramadu, ruas jalan lain di Surabaya yang berpotensi terjadi kerumunan, juga akan diatur dengan rekayasa lalu lintas. Seperti di Jalan Tunjungan, Jalan Darmo dan Kenjeran.

"Begitu juga di Kenjeran, Tunjungan, Darmo. Area favorit untuk Malam Tahun Baru akan kita antisipasi betul, jangan sampai ada kerumunan di lokasi tersebut," katanya.

Selain itu, daerah lain di Jawa Timur yang berpotensi menjadi pusat keramaian, misalnya wilayah Pacet, juga akan dilakukan rekayasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap.

"Jika tidak memungkinkan, maka akan dilakukan pembatasan dan menutup tempat wisata yang sudah dipenuhi pengunjung. Prinsipnya janga ada kerumunan," ujarnya.

Sebelumnya, Latif Usman juga menegaskan, pihaknya tidak akan memberlakukan putar balik dan cek poin serta penyekatan kepada pelaku perjalanan darat selama periode Natal dan tahun baru. Sebagai gantinya, akan diterapkan random sampling.

"Kami tidak melakukan cek poin, putar balikkan dan tidak menyekat. Tetapi kami akan melakukan random sampling di rest area seperti di jalan tol dan tempat-tempat tertentu, seperti di jalur arteri dan menempatkan pos pelayanan seperti di luar jalan tol," kata Latif. (OL-13)

Baca Juga: Uang Beredar November Naik Seiring Peningkatan Aktivitas Masyarakat

 

BERITA TERKAIT