23 December 2021, 13:05 WIB

Harga Sayuran di Sidoarjo Naik Dua Kali Lipat


Heri Susetyo |

HARGA sayur mayur di pasar tradisional Kabupaten Sidoarjo naik dua kali lipat dari harga normal sebelumnya.

Kenaikan harga sayur mayur ini seperti terlihat di pasar tradisional Porong Kabupaten Sidoarjo. Naiknya harga sayur mayur di pasar ini rata-rata sudah terjadi sejak sebulan terakhir. Kenaikan harga seperti ini biasa terjadi jelang natal dan tahun baru. Namun kali juga dipengaruhi faktor cuaca buruk, sehingga pasokan ke pasar berkurang.

Di antara sayur mayur yang harganya naik adalah sawi putih, brokoli, bawang merah, bawang putih, tomat dan seledri. Kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit baik yang merah maupun masih hijau.

Harga bawang merah sebelumnya Rp17 ribu per kilogram sudah naik menjadi Rp30 ribu. Harga bawang putih dari Rp22 ribu naik menjadi 25 ribu per kilogram.

Harga seledri dari Rp10 ribu menjadi Rp26 ribu, sawi putih dari Rp7 ribu menjadi Rp12 ribu. Harga brokoli dari Rp15 ribu menjadi Rp25 ribu  per kilogramnya.

Kenaikan harga tinggi terjadi pada cabai rawit merah dari Rp35 ribu menjadi Rp85 ribu per kilogram. Sementara cabai rawit masih hijau naik dari Rp15 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Namun berbeda dengan sayur lainnya, harga cabai merah justru mengalahkan penurunan harga. Harga cabai merah saat ini hanya Rp25 ribu per kilogram, padahal sebelumnya mencapai Rp40 ribu.

"Memang tidak mempengaruhi jumlah orang pembelinya, namun daya beli mereka berkurang dan omzet kami tentu saja turun," kata Sariwati,57, pedagang sayur, Kamis (23/12). (OL-13)

Baca Juga: Jelang Tutup Tahun 2021, Disiplin Protokol Kesehatan di Babel Menurun

 

BERITA TERKAIT