21 December 2021, 22:28 WIB

Peduli Korban Erupsi Semeru, Perbarindo Salurkan Donasi dari BPR - BPRS Seluruh Indonesia 


Despian Nurhidayat | Nusantara

ERUPSI Gunung Semeru pada 4 Desember lalu mengakibatkan sejumlah korban luka dan meninggal. Rata-rata korban mengalami luka bakar akibat terkena guguran lahar. Sementara itu, 12 orang menderita luka ringan. Berdasarkan data dari BNPB, tercatat ada 9.977 orang yang mengungsi karena erupsi Gunung Semeru. Para pengungsi ini tersebar di 148 titik pengungsian di Kabupaten Lumajang. 

Melihat kondisi tersebut, seluruh insan Bank Perkreditan Rakyat-Bank Perkreditan Rakyat Syariah dari Sabang sampai Merauke memiliki semangat yang sama untuk membantu para korban yang terdampak erupsi gunung semeru dengan berpartisipasi memberikan donasi melalui DPP Perbarindo. 

“Alhamdulillah insan BPR-BPRS kompak, solid dan guyub. Sehingga dalam waktu yang cukup singkat, dapat mengumpulkan donasi untuk disampaikan kepada korban yang terdampak erupsi Gunung Semeru sebesar Rp298 juta," ungkap Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto dilansir dari keterangan resmi, Selasa (21/12). 

Menurut Joko, kegiatan sosial semacam itu juga merupakan bagian dari tanggungjawab sosial Perbarindo. Untuk itu, pihaknya selalu bergerak sigap dalam setiap kesempatan untuk membantu masyarakat yang terdampak karena bencana seperti ini. 

“Kami Perbarindo selalu berusaha memberikan kontribusi positif kepada masyarakat jika ada kebencanaan seperti saat ini,” ujar Joko. 

Adapun bantuan yang telah disalurkan dalam bentuk, Pertama, Bantuan uang tunai di serahkan kepada Bupati dan baznas sebesar Rp200 juta. Kedua, Bantuan barang yang disampaikan secara langsung kepada korban sebesar Rp50 juta. Ketiga, Bantuan langsung kepada 24 KK yang kehilangan rumah tinggal sebesar Rp48 juta, masing-masing KK menerima Rp2 juta. 

Baca juga : Cakupan Vaksinasi Dosis Satu di Manggarai Tembus 80 Persen

Bantuan dari Perbarindo disampaikan secara langsung oleh Pengurus DPD Perbarindo Jawa Timur yang dipimpin langsung oleh Sujatno (Ketua DPD Perbarindo Jawa Timur) beserta para Pengurus DPD dan DPK se Jawa Timur. 

“Kami hadir untuk menyampaikan amanah dari insan BPR-BPRS se Indonesia, semoga sumbangsih ini dapat meringankan beban dari masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru," ujar Sujatno 

Sujatno menambahkan, bantuan disampaikan sebagai wujud kepedulian Perbarindo untuk bersama-sama memberikan dukungan kepada Pemerintah dalam menangani masyarakat yang terdampak bencana. 

Perbarindo sendiri merupakan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia. Sudah lebih dari 27 tahun Perbarindo berperan aktif dalam menunjang pertumbuhan industri BPR- BPRS di Indonesia. 

Saat ini, Perbarindo memiliki 24 Dewan Pengurus Daerah (DPD) di tingkat provinsi dan 48 Dewan Pengurus Komisariat (DPK) di tingkat kabupaten dan kota dengan jumlah anggota sebanyak 1.558 BPR-BPRS yang tersebar dari Aceh sampai dengan Papua. (OL-7)

BERITA TERKAIT