07 December 2021, 23:47 WIB

Kawanan Perampok Bank Di Karawang Pernah Beroperasi Di Luar Negeri


Naviandri | Nusantara

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) meringkus komplotan  perampok yang membawa kabur uang ratusan juta milik bank swasta di Kabupaten Karawang, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Komplotan ini ternyata pernah beraksi di luar negeri di kawasan Asia.

"Kita akan cek karena ini baru diungkap. Dengan adanya di beberapa  negara akan kita tanyakan kepada instansi terkait apakah yang bersangkutan DPO beberapa negara atau tidak. Di luar negeri target  mereka adalah rumah kosong," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Selasa (7/12).

Dari sepuluh pelaku, polisi sudah menangkap tujuh orang yakni CN, CA, MS, WCP, DY, AS, dan DH. Mereka diketahui pernah beraksi di luar negeri seperti di Vietnam, Malaysia, Myanmar, Thailand dan Tiongkok. Disebutkan aksi perampokan yang dilakukan para pelaku di luar negeri sudah cukup lama. Terakhir dilakukan sebelum pandemi Covid-19 menyerang Indonesia.

"Kita juga masih akan mendalami apakah para pelaku sukses melakukan aksinya di luar negeri tersebut atau tidak. Sekarang kita fokus untuk mengungkap dengan cepat, kasus perampokan bank swasta di kawasan Bukit Indah, Kabupaten Karawang pada Jumat (26/11) lalu," jelasnya.

Erdi menambahkan menurut pengakuan pelaku, bila mereka tidak tertangkap, mereka berencana merampok selebritis yang pamer kemewahan di media sosial "Kepada penyidik, para pelaku bertutur akan menjalankan aksi lanjutan dengan target seleb," lanjut Erdi tanpa menyebut sosok selebritis yang jadi target sasaran komplotan tersebut.

"Masih diselidiki, belum bisa disampaikan. Tapi mereka melihat vlog  YouTube salah satu selebriti yang menampilkan aktivitas itu sudah dibaca oleh mereka. Ini diperkuat dengan keberadaan mereka usai menjalankan aksi perampokan di Karawang, mereka berpencar baik di Jakarta, Tangerang hingga Sumatera Selatan," ucapnya lagi. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT