07 December 2021, 10:05 WIB

Dukcapil Berkomitmen Ganti Dokumen Kependudukan Korban Erupsi Gunung Semeru


Indriyani Astuti | Nusantara

DIREKTUR Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lumajang untuk mengganti dokumen kependudukan milik warga setempat yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru.

"Saya sudah koordinasikan dengan kepala dinas Provinsi Jawa Timur dan Kepala Dinas Kabupaten Lumajang dan sekitarnya untuk jemput bola mengganti dokumen di wilayah terdampak bencana Semeru," ujar Zudan melalui keterangan, Senin (6/12) malam.

Ia juga menuturkan tim dari pusat, yakni Kemendagri, akan turut serta melakukan supervisi. 

Baca juga: Presiden Dijadwalkan Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Meski demikian, Zudan mengungkapkan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan yang baru, akan dilakukan setelah dipastikan kondisi cukup aman dan kondusif. 

Oleh karena itu, Zudan mengatakan Dukcapil terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Pelayanan bisa dilakukan setelah semua aman. Kita koordinasi dengan BPBD dari sana nanti memberi arahan kapan bisa masuk lokasi," tukasnya.

Pada Selasa (7/12), Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari melaporkan jumlah korban jiwa dalam musibah erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur hingga Senin (6/12) malam mencapai 22 orang. (OL-1)

BERITA TERKAIT