06 December 2021, 09:56 WIB

Festival Labengki Dimeriahkan untuk Mengajak Wisatawan ke Sultra


mediaindonesia.com |

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Tenggara di era kepemimpinan Gubernur Ali Mazi tidak main-main untuk melakukan promosi secara besarbesaran guna mengajak wisatawan untuk mengunjungi Pulau Labengki yang berada di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Setelah sukses mempromosikan wisata di Kabupaten Wakatobi beberapa tahun lalu, saat ini Pemprov Sultra dan Pemkab Konawe Utara mempromosikan Pulau Labengki. Untuk bisa memperkenalkan Pulau Labengki, Pemprov Sultra dengan melibatkan Pemkab Konawe Utara menggelar Festival Labengki secara bersama pada 2-4 Desember 2021. 

Festival Labengki yang juga dihelat bekerja sama dengan Media Group, yakni Metro TV dan Media Indonesia, disambut antusias para peserta. Festival kian semarak dengan kehadiran artis Cita Citata.

Memilih Pulau Labengki sebagai destinasi wisata, para wisatawan disambut dengan  pantai berpasir putih yang lembut dan membentang sangat luas. Suasana itu membuat wisatawan terkagum-kagum. Keindahan pantai Labengki juga didukung oleh batu-batu karang yang menjulang tinggi dan menyebar acak hingga ke tengah laut.

Selain menikmati pantai dengan pasir putihnya, wisatawan juga dapat menyaksikan terumbu karang dan bisa melakukan snorkeling atau diving. Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut, wisatawan tak perlu lagi membawa peralatan menyelam karena di Pulau Labengki telah disiapkan seluruh perlengkapan yang dibutuhkan dan bisa disewa oleh wisatawan.

Menurut salah seorang pengelola wisata Labengki, Abdul Halim, saat mengeksplorasi alam bawah laut, wisatawan bisa menjumpai lumba-lumba. Berenang bersama lumba-lumba ini membuat wisatawan sangat terhibur.

Di Labengki, para pengunjung juga bisa melihat kima raksasa berukuran 50 sentimeter. Kima merupakan genus kerang berukuran besar yang biasa menghuni perairan laut hangat.

Selain menikmati keindahan bawah laut, wisatawan juga bisa memancing dari atas perahu atau kapal karena di perairan Labengki terdapat ikan-ikan seperti tuna sirip kuning, kakap merah, kerapu ikan layar, dan beberapa jenis biota laut.

Di samping melakukan aktivitas laut di Pulau Labengki, wisatawan juga bisa mengunjungi Teluk Cinta. Kalau dilihat dari bibir pantai, mungkin akan tampak seperti pantai umumnya. Keindahan Labengki di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, membuat wisatawan akan merasa ingin kembali berkunjung dengan melalui beberapa rute. Rute pertama bisa melalui Kota Kendari dengan menumpangi kapal langsung ke Pulau Labengki. Wisatawan bisa juga melalui Tanasa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, atau melalui Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara.

Selain wisata laut, pengunjung yang datang ke Pulau Labengki bisa juga menjelajahi Laguna Tobelo. Spot wisata tersebut masih jarang dikunjungi dan itu tertutup pasang surut air laut, jadi hanya bisa masuk melalui gua saat ait laut sedang surut.

Perbaiki infrastruktur
Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengaku akan memperbaiki infrastruktur Pulau Labengki seperti menyediakan transportasi yang memadai untuk wisatawan, juga memperbaiki infrastruktur penginapan sehingga wisatawan bisa merasa nyaman berwisata di Pulau Labengki.

Keseriusan Pemprov Sultra untuk mengembangkan wisata Pulau Labengki dibuktikan dengan menggelar Festival Labengki dengan slogan Mari mi ke Sultra. Ini merupakan ajakan Pemprov kepada wisatawan untuk berkunjung ke Sulawesi Tenggara dengan tawaran wisata di beberapa tempat.

Promosi wisata Pulau Labengki di Kabupaten Konawe Utara akan dilakukan setiap tahun. Destinasi wisata di Sultra saat ini telah mencapai 1.144 lokasi, yang berada di 17 kabupaten/kota Sultra. “Jika semua destinasi wisata bisa dihidupkan, Sulawesi Tenggara akan menjadi daerah yang sangat mapan di Indonesia,” tegas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra La Ode Syaifuddin. 

Festival Labengki 2021 merupakan bukti bahwa Sultra sangat sungguh-sungguh dalam memperkenalkan potensi wisatanya. Kegiatan ini digelar secara maksimal dengan menghadirkan Metro TV dan Media Indonesia untuk melakukan publikasi sehingga masyarakat di Tanah Air bahkan dunia bisa melihat potensi wisata di Pulau Labengki dan ingin segera mengunjunginya.

Mari mi ke Sultra! (AH/S2-25)

BERITA TERKAIT