04 December 2021, 18:01 WIB

Gunung Semeru Erupsi, PVMBG Imbau Masyarakat Hindari Area Ini


Atalya Puspa | Nusantara

GUNUNG Semeru, Jawa Timur, mengalami erupsi pada Sabtu (4/12) siang. Dengan aktivitas erupsi, Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani mengimbau masyarakat menghidari area lembah dan sungai.

"Awan panas guguran biasanya mengancam pada daerah lembah-lembah sungai. Kami berharap masyarakat menghindari dari lembah-lembah dan sungai," kata Andiani saat dikonfirmasi, Sabtu (4/12).

Ia mengungkapkan semburan awan panas dengan intensitas yang kecil terjadi sejak Jumat (3/12). Guguran lava tersebut memiliki jarak luncur 500-800 meter dengan pusat guguran 500 mdi bawah kawah.

Selanjutnya, sekitar pukul 14.50 WIB hari ini terjadi awan panas dan guguran yang cukup besar dan dibarengi dengan gempa. Saat ini pihaknya masih melakukan pemantauan aktivitas yang terjadi di Gunung Semeru melalui visual dan alat-alat monitoring yang tersedia di pos pengamat.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Dua Kecamatan Gelap Gulita

"Dari alat-alat kegempaan memang ada dari kemarin gempa guguran awan panas dan tadi yang terbesar. Sampai saat ini menunjukan gempa awan panas guguran itu mengecil," pungkas dia. (OL-14)

BERITA TERKAIT