04 December 2021, 08:45 WIB

Kilang SP3T Segera Beroperasi Lagi Genjot Produksi Padi Simalungun


Apul Iskandar |

UPAYA meningkatkan produksi tanaman padi serta menjamin harga jual yang diperoleh para petani pada posisi tinggi, Pemerintah Kabupaten Simalungun kembali mengoperasikan kilang padi Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Nagori Pamatang Panombean, Kecamatan Panombean Pane, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

Seperti diketahui lebih kurang satu tahun kilang padi SP3T yang terletak di Nagori Pematang Panombean Kabupaten Simalungun, sudah tidak beroperasi lagi.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengungkapkan, Kecamatan Panombean Pane merupakan salah satu lumbung padi yang ada di Kabupaten Simalungun. Kedepannya para petani lebih unggul dalam mengelola tanaman padi sehingga didapatkan hasil yang maksimal.

Untuk itu Pemkab Simalungun segera menghidupkan lagi kilang padi dan gudang SP3T yang sudah tidak beroperasi selama satu tahun terakhir ini. "Melalui kelompok tani, akan dilakukan penangkaran padi Serang, guna meningkatkan hasil produksi para petani," kata Radiapoh saat meninjau kilang padi Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu di Nagori Pamatang Panombean, Kecamatan Panombean Pane, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, Jumat (3/12/2021).

Sementara itu, pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Poltak Sinaga menjelaskan, luas areal sawah di Kecamatan Panombean ada sekitar 17.000 hektar dengan musim tanam bisa 2 kali dalam setahun.

"Kami mengharapkan kilang padi SP3T diaktifkan, dan terimakasih terhadap kunjungan bapak Bupati yang turun langsung ke lapangan," tutur Poltak Sinaga. (OL-13)

Baca Juga: Sabran Berharap Bendungan Karau Diperluas Pemerintah Pusat

BERITA TERKAIT