03 December 2021, 14:22 WIB

Tingkatkan Layanan Publik, Pemko Tebing Tinggi Teken MOU Dengan Pemko Pekanbaru


Apul Iskandar | Nusantara

PEMERINTAH Kota (Pemko) Tebing Tinggi bersama Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) serta penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru dengan DPMPTSP Kota Tebing Tinggi di Gedung Utama Komplek Perkantoran Tenayan Raya Lantai VI, Kota Pekanbaru Kamis (2/12). 

Wali Kota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi menyampaikan bawa kunjungan yang dilakukan oleh Pemko Tebing Tinggi ke Pekanbaru setelah mendapat petunjuk dari pemerintah pusat agar Pemko Tebing Tinggi  melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi mengenai DPMPTSP Pekanbaru dan selanjutnya melakukan MOU. 

"Ternyata benar, layanan publik yang difasilitasi oleh Pemko Pekanbaru melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Insya Allah kami lagi berproses membangun MPP di Tebing Tinggi. Untuk itu perlu ada yang kami pelajari di Pekanbaru, agar pelayan publik di tempat kami lebih baik lagi," kata Umar Hasibuan dalam keterangannya, Jumat (3/12). 

Lanjutnya, kerja sama yang dilakukan dengan Pemko Pekanbaru tidak hanya dalam hal pelayanan publik semata. "Tebing Tinggi dan Pekanbaru memiliki sejarah panjang di masa lalu, dimana Tebing Tinggi bagian dari Kerajaan Padang dan Pekanbaru merupakan bagian dari Kerajaan Siak. Jadi kita perlu saling membangun kerjasama di berbagai bidang, seperti di bidang kota cerdas, ekonomi dan continue improvement untuk pelayaan publik yang lebih baik ke depan. Intinya apa yang baik di Pekanbaru akan kami terapkan di Tebing Tinggi, begitu juga sebaliknya," imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wali Kota Tebing Tinggi yang telah mengunjungi Kota Pekanbaru. "Kami dengan Pak Wali Kota Tebing Tinggi berasal dari rumpun yang sama, sama-sama mantan orang Dinas Pekerjaan Umum, jadi kurang lebih isi kepalanya sama. Jadi perlu ada pertukaran informasi untuk kemajuan kota masing-masing. Kami juga harus sama-sama bekerjasama di berbagai bidang dengan kondisi saat ini.'' 

Firdaus menjelaskan bahwasanya Kota Tebing Tinggi merupakan kawasan strategis karena berada di antara Kota Medan dan kawasan pariwisata strategis Danau Toba. 

"Jadi perlu kerja sama di berbagai bidang. Hal ini juga merupakan tanggung jawab kami berdua karena sama-sama anggota Apeksi khususnya wilayah I. Dengan demikian, kami harus bertukar ilmu dan pengetahuan baik di bidang ekonomi, keagamaan, lingkungan, Sumber Daya Manusia dan potensi lainnya. Tujuannya, untuk kemajuan Kota Tebing Tinggi dan Pekanbaru ke depannya," jelas Firdaus yang bergelar Datuk Bandar Setia Amanah ini. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT