03 December 2021, 10:25 WIB

Bupati Minta Warga Katingan Nikmati Tahun Baru di Rumah Saja


Surya Sriyanti | Nusantara

PEMKAB Katingan, Kalteng meminta warganya bertahun baruan di rumah saja. Mengingat kondisi saat ini masih pandemi dan menjaga agar penyebaran virus korona bisa ditekan. Masyarakat juga diminta jangan bosan mematuhi protokol kesenatan (prokes).

"Saya ingatkan masyarakat untuk menghindari kerumunan pada malam pergantian tahun baru. Lebih baik tinggal di rumah saja, hindari kerumunan," ajak Bupati Katingan Sakariyas, Jumat (3/12)

Ia menyebutkan, kerumunan orang merupakan salah satu faktor memudahkan penularan virus korona di daerah. Dengan begitu, aktivitas masyarakat tetap diperhatikan secara serius oleh pihaknya.

"Jadi, hal tersebut dilakukan guna mencegah dan memperkecil mata rantai penularan pandemi selanjutnya," tegasnya.

Dengan demikian, kegiatan seremonial tutup tahun yang biasanya dilaksanakan di tahun sebelumnya. Untuk sementara ditunda, terkhusus yang dilakukan pemerintah Kabupaten. Kegiatan tersebut tidak dilaksanakan guna mengurangi aktivitas yang akan mengumpulkan kerumunan.

Disamping itu, kegiatan open house di rumah juga dibatasi. Kegiatan ibadah Natal bisa dilakukan namun tetap mematuhi prokes.

"Saya harap ini bisa dipahami oleh semua pihak secara bersama-sama. Saya atas nama kepala daerah dan Pemkab Katingan agar Umat Kristiani bersukacita dalam menjalankan perayaan Natal. Dengan tetap menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan virus korona," ujarnya.

Imbauan ini ditanggapi positif warga, salah satunya adalah Lastri, seorang warga Kabupaten Katingan. Menurut dia, sebenarnya antara tahun baru dan bukan tahun baru tidk ada bedanya. Daripada membuat kerumunan dan berpotensi penularan Covid-19, lebih baik di rumah saja.

"Kita masih pandemi sudah seharusnya kita saling menjaga dengan tidak melakukan kerumunan. Tahun baru di rumah saja, bersama keluarga di rumah," tuturnya. (OL-13)

Baca Juga: Antisipasi Omicron, Luhut: Seluruh Pejabat Dilarang ke Luar Negeri

 

BERITA TERKAIT