02 December 2021, 18:30 WIB

Cianjur Masuk Zona Siap Siaga Bencana Hidrometeorologi


Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara

KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, berada pada zona siap siaga bencana hidrometeorologi. Kondisi itu dipicu masih tingginya intensitas curah hujan berdasarkan prediksi BMKG.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Fatah Rizal, mengatakan prediksi BMKG tersebut diimplementasikan dengan dikeluarkannya SK Bupati Cianjur tentang penetapan status siaga darurat bencana tanah longsor dan banjir. Pada kondisi cuaca saat ini, kata Rizal, BPBD maupun relawan terus menjalin komunikasi lintas sektoral.

"Kita koordinasi dengan Tagana (Taruna Siaga Bencana) maupun dengan perangkat daerah lainnya sebagai upaya penanganan cepat seandainya terjadi bencana. Insya Allah, kita selalu siap siaga menghadapi potensi bencana saat ini," terang Rizal kepada Media Indonesia, Kamis (2/12).

Cuaca ekstrem saat ini tak terlepas fenomena La Nina. Di Kabupaten Cianjur sendiri sudah beberapa kali terjadi bencana hidrometeorologi sejak memasuki awal November 2021. "Makanya, status siaga darurat bencana tanah longsor dan banjir sudah kami tetapkan sejak November 2021 hingga 31 Maret 2022," tegasnya.

BPBD mewaspadai berbagai potensi bencana hidrometeorologi. Hasil kajian BMKG, lanjutnya, potensi bencana di Kabupaten Cianjur antara lain rawan banjir, tanah longsor, dan pergerakan tanah. "Ada tiga potensi kerawanan bencana. Itu yang akan kami antisipasi," pungkasnya.

BERITA TERKAIT