02 December 2021, 15:48 WIB

Terbakar, Kapal Bermuatan Karet Rute Palembang-Pontianak


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

KAPAL Laut Motor (KLM) Berkat Niaga dari Dermaga 16 Ilir Palembang, Sumatra Selatan, tujuan Pontianak, Kalimantan Barat, terbakar di perairan Bembang, Kabupaten Bangka Barat. Sembilan anak buah kapal (ABK) berhasil dievakuasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, berdasarkan informasi, selama perjalanan menuju Pontianak dari Palembang, kapal dalam keadaan baik dan cuaca teduh. 

"Saat berada di perairan Bembang Bangka Barat kapal tiba-tiba terbakar. Ini diduga akibat korsleting listrik di kamar mesin," kata Mikron, Kamis (2/12).

Saat itu, menurut Mikron, nakhoda kapal memerintahkan ABK menyiapkan rakit sebagai upaya penyelamatan pertama. Kemudian api membesar.

"Alhamdulilah sembilan ABK sudah menyelamatkan diri dengan rakit yang ada di kapal. Sekitar 30 menit berlalu, Kades Mislak langsung melakukan penyelamatan seluruh ABK dan nakhoda, sehingga tidak ada korban jiwa. Semua selamat," ujarnya.

Baca juga: Kapal Cepat Pecah Dihantam Gelombang, Enam Penumpang Terluka

Mikron menyebutkan, kapal 120 gt yang terbakar itu bermuatan 250 ton karet. Pemilik kapal ialah Akon yang berdomisili di Kota Pangkalpinang. "Semua ABK dan nakhoda sudah dievakuasi ke Pos TNI AL Muntok Bangka Barat sebelum diserahkan kepada pihak perusahaan kapal," terangnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT