01 December 2021, 22:34 WIB

Cakupan Vaksinasi Covid-19 Sumut Masih Rendah


Yoseph Pencawan |

CAKUPAN vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara masih jauh dari angka yang diharapkan. Rata-rata, vaksinasi tahap satu mencapai 56% dan tahap kedua 44%

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Rabu (1/12). Menurut dia, sebanyak 15 daerah dari 33 kabupaten dan kota di Sumut bahkan masih memiliki capaian vaksinasi sebesar 30%. Meski tidak merinci daerah-daerah mana saja, tetapi kata dia beberapa di antaranya berada di Kepulauan Nias.

Pemprov Sumut menargetkan cakupan vaksinasi mencapai 75% sampai dengan akhir tahun. Target itu melebihi capaian minimal terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) yang sebesar 70% dari jumlah populasi. Namun, dengan masih rendahnya capaian vaksinasi tahap kedua kemungkinan terbentuknya herd immunity di Sumut pada akhir tahun ini akan sulit tercapai.

Kendati demikian Wagub masih juga yakin target vaksinasi itu akan dicapai. "Ini segera kita atasi, kita kejar terus agar Nataru ini vaksinasinya tercapai," ujar dia.

Wagub mengklaim bahwa hingga kini pemerintah daerah di provinsinya masih melakukan percepatan Vaksinasi Covid-19. Masih rendahnya capaian vaksinasi di Sumut tersebut menjadi salah satu kekhawatiran menghadapi suasana Natal dan Pergantian Tahun (Nataru) kali ini.

Gubernur Edy Rahmayadi berkali-kali mengungkapkan kekhawatiran terjadi lonjakan penularan dari suasana perayaan Nataru. Berkaca dari pengalaman tahun lalu, peningkatan kasus Covid-19 di Sumut muncul usai suasana Nataru. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT