01 December 2021, 19:52 WIB

Ribuan Vaksin Covid-19 Di Bengkulu Kedaluwarsa


Marliansyah | Nusantara

SEBANYAK 2.824 dosis vaksin covid-19 di gudang penyimpanan vaksin dan obat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, tidak bisa digunakan lagi. Pasalnya, pada Rabu (1/12), ribuan vaksin itu telah kedaluwarsa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehataan Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, Ujang Ismail di Bengkulu, mengatakan, 2.824 dosis vaksin yang kedaluwarsa adaadalah vaksin Sinovac. "Setiap vaksin yang datang selalu disimpan di gudang vaksin untuk  dicatat tanggal dan ditemukan vaksin kadaluwarsa," katanya.

Ia mengatakan vaksin yang habis masa waktu pemakaian itu merupakan vaksin titipan dari instansi lain yang dititipkan digudang vaksin setempat dan belum  diambil. "Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara, sudah memisahkan vaksin tersebut agar tidak digunakan kembali," imbuhnya.

Vaksin tersebut, kata dia, tidak akan digunakan kembali dan juga telah nmenyampaikan pada pemilik vaksin terkait dengan vaksin yang sudah kedaluwarsa. Meskipun ada vaksin yang sudah kedaluwarsa saat ini, tidak mengurangi kecukupan vaksin di kabupaten tersebut. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT