01 December 2021, 19:19 WIB

Camat Muara: Kondusifitas Usai Pilkades di Desa Sibandang Harus Dijaga


Kisar Rajagukguk | Nusantara

PERHELATAN pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 12 desa di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara telah usai 23  November 2021. Situasi keamanan dan ketertiban harus tetap dijaga dan menjadi tanggungjawab bersama.
 
"Dengan berakhirnya kompetisi di pilkades, yang kalah harap menerima dengan lapang dada dan yang menang jangan jumawa. Kondusifitas keamanan dan ketertiban harus dijaga dan menjadi tanggungjawab bersama," ucap Camat Muara Mitsu Gultom yang dihubungi mediaindonesia.com, Rabu (1/12)

Mitsu Gultom menyebutkan, kondisi keamanan dan ketertiban harus terus dipelihara. Jangan sampai pilkades memecah belah masyarakat, sebab kita saudara dan satu keluarga.

Terkait ketidakpuasan calon yang kalah di Desa Sibandang, Mitsu Gultom menjelaskan, pihaknya sebagai camat telah melakukan mediasi antara calon nomor urut 1 Hurrican Jamaru Rajagukguk, SE selaku pemenang pilkades dengan pihak nomor urut 2 Fakter T. Sinaga pihak yang kalah. Namun, mediasi tersebut gagal.

"Kami netral dalam mediasi tersebut. Karena tidak ada titik temu, masalah ini dibawa ke kabupaten," ujar dia.

Saat ditanya adanya pengumpulan KTP oleh salah satu calon, Camat Mitsu mengaku belum mengetahui secara pasti. Pihaknya akan menelusuri informasi tersebut. "Kami segera ke lapangan (Desa Sibandang) mencari tahu kebenaran informasi ini," janjinya
 
Sementara itu, salah seorang warga asal Desa Sibandang yang meminta namanya tidak disebutkan mengatakan, kepala desa terpilih yang akan memimpin Desa Sibandang ke depan dapat membawa angin sejuk bagi seluruh masyarakatnya. Sebab hasil pilkades adalah cerminan dari masyarakat.

"Sebagai satu kontestasi, pertarungan, pertandingan pastilah akan berakhir dengan dua kemungkinan yaitu menang atau kalah. Kunci penting berjiwa besar dan siap menerima kekalahan," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Kades Terpilih Desa Sibandang Apresiasi Aksi Unjuk Rasa Damai

BERITA TERKAIT