01 December 2021, 19:09 WIB

Pemkab Malang Genjot Vaksinasi Lansia Door to Door


Bagus Suryo | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggenjot realisasi vaksinasi lansia melalui door to door. Saat ini, realisasi vaksinasi lansia di Kabupaten Malang sudah 57% atau sekitar seratus ribu orang.

Bupati Malang Sanusi, Rabu (1/12), menjelaskan penanganan covid-19 terus bergerak dengan menuntaskan vaksinasi guna membentuk kekebalan komunal. Vaksinasi lansia, lanjutnya,  memang perlu ketelatenan. Sejauh ini petugas memberikan layanan door to  door merambah dusun.

Tentang pancapaian yang baru 57%, Sanusi menjelaskan hal itu terjadi karena berbagai faktor seperti komorbiditas yang diidap lansia seperti darah tinggi dan diabetes. Sedangkan vaksinasi secara keseluruhan sudah mencapai 73%. "Saat ini kami sudah merealisasikan vaksinasi total 73%, semoga sampai  akhir tahun bisa 100%," ungkapnya.

Sementara itu Pemkot Malang juga mempercepat realisasi vaksinasi lansia karena pencapaiannya baru 61%-65% dari total sasaran 73.564 lansia. Terkait hal ini, petugas membutuhkan energi lebih dan ketelatenan.

"Kami door to door karena vaksinasi lansia banyak kendala, tantangannya kebanyakan, ada yang malas ke sentra vaksinasi, mereka berpikir sudah tua selain ada yang komorbid," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Malang Umar Usman. (OL-15)

BERITA TERKAIT