01 December 2021, 18:01 WIB

PTM Di Palembang Tetap Berlangsung Selama Libur Nataru


Dwi Apriani | Nusantara

SESUAI arahan pemerintah pusat, pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Palembang, Sumatera Selatan tetap berlangsung selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Artinya, semua sekolah mulai dari tingkat PAUD, SD, hingga SMP, 24 Desember-1 Januari tetap belajar seperti biasa.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan selama libur (Nataru) pihaknya tidak meliburkan aktivitas sekolah. Hal itu dilakukan tidak lain untuk mencegah terjadinya kasus baru Covid-19 di wilayah tersebut.

"Ini sesuai Instruksi Mendagri No 62 tahun 2021 bahwa siswa PAUD, SD, SMP per 24 hingga 31 Desember 2021 tidak meliburkan sekolah. Dan kita juga akan menerapkan hal itu," jelas Zulinto, Rabu (1/12).

Ia menjelaskan, walaupun tidak ada libur Natal dan Tahun Baru saat ini namun pihaknya belum bisa menerapkan penambahan jam pelajaran PTM di Palembang 100 persen. "Kita masih menunggu Instruksi Mendagri No 62 tahun 2021 pengumuman selanjutnya," ujar Zulinto.

Diakuinya, selama pembelajaran tatap muka di sekolah jam pelajaran siswa-siswi masih seperti biasa. "Kita masih menerapkan jam pelajaran siswa-siswi masih seperti biasa menjadi 50 persen," jelasnya.

Meski begitu, Zulinto meminta sekolah untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan dan tidak lengah. Walaupun tidak ada klaster baru selama pelaksanaan PTM, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah tetap mematuhi prokes.

"Kami tetap berharap baik pengajar ataupun siswa untuk tetap prokes. Jangan sampai lalai sehingga menimbulkan klaster.. Namun di Palembang ini, Alhamdulillah belum ada klaster baru penyebaran Covid-19 di sekolah," tutupnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT