30 November 2021, 13:21 WIB

Koleksi Bendungan Bertambah, Presiden: Ketahanan Pangan Bisa Terwujud


Andhika Prasetyo | Nusantara

SETELAH meresmikan Bendungan Karalloe, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11) pekan lalu, Presiden Joko Widodo, Selasa (30/11), mengesahkan pengoperasian dua bendungan di Jawa Timur yakni Tugu di Trenggalek dan Gongseng di Bojonegoro.

"Pagi hari ini, alhamdulillah kita mendapatkan tambahan dua bendungan besar lagi di Jawa Timur yakni Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan juga Bendungan Tugu di Trenggalek," ujar Jokowi usai di Trenggalek, Jawa Timur, hari ini.

Dengan beroperasinya dua infrastruktur air itu, kepala negara optimistis ketahanan pangan nasional akan segera terwujud.

Para petani di Bojonegoro dan Trenggalek yang merupakan daerah sentra padi akan memiliki kepastian atas pasokan air.

"Aktvitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat. Petani semakin produktif, lebih sering menanam dan panen sehingga l pendapatan mereka juga meningkat," tutur mantan wali kota Solo itu.

Bendungan Tugu mulai dibangun pada 2014. Menelan biaya Rp1,69 triliun, waduk tersebut memiliki kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan mampu mengairi saluran irigasi seluas 1.250 hektare.

Baca juga: Antisipadi Banjir, Mensos Berencana Bangun Lumbung Sosial di Garut

Adapun, Bendungan Gongseng dibangun jauh lebih cepat. Hanya butuh waktu sekitar tiga tahun, infrastruktur senilai Rp578 miliar itu sudah bisa berjalan.

Daya tampung Bendungan Gongseng juga jauh lebih besar yakni 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare saluran irigasi.

Sepanjang 2021, Jokowi telah meresmikan 11 dari 17 bendungan yang masuk ke target, termasuk Gongseng dan Tugu.

Sebelumnya, secara berurutan, kepala negara sudah membuka secara sah Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Bendungan Napun Gete di NTT, Bendungan Sindang Heula di Banten, Bendungan Kuningan di Jawa Barat, Bendungan Way Sekampung di Lampung serta Bendungan Tukul dan Bendo di Jawa Timur, Bendungan Paselloreng dan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan.

Terdapat enam bendungan tersisa yakni Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara, Bendungan Bintang Bano di NTB, Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Jawa Barat, Bendungan Pidekso di Jawa Tengah dan Bendungan Margatiga di Lampung. (OL-4)

BERITA TERKAIT