29 November 2021, 23:01 WIB

Digitalisasi UKM dan IKM Surakarta, Pemkot Gandeng Ralali.com


Ghani Nurcahyadi |

PEMERINTAH Kota Surakarta mendatangani Pokok Perjanjian Kerja Sama dengan platform lokapasar (marketplace) Ralali.com untuk menjadi enabler bagi UKM (Usaha Kecil Menengah) dan IKM (Industri Kecil Menengah) Surakarta yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan perluasan digitalisasi pasar.

Melalui kerjasama itu, Ralali.com dan Pemkot Surakarta akan bersinergi untuk tingkatkan kesejahteraan UKM dan IKM Surakarta melalui proses transformasi digital.

Ralali.com bersinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta melalui PT Mitra Enabler Indonesia (Ralali Partner) untuk melakukan standarisasi penjualan serta pemasaran agar UKM produsen dapat masuk ke pasar digital serta memenuhi standar industri yang ada. Seiring dengan adanya industri ini, maka lapangan pekerjaan semakin bertambah di Surakarta. Ralali.com juga fasilitasi website gratis atau digital storefront melalui aplikasi Konekto dengan menargetkan para UKM dan IKM Surakarta dapat membangun reputasi serta mengembangkan jaringan di era digital. 

Acara penandatanganan ini turut dihadiri oleh PT Mitra Enabler Indonesia, PT Porang Rejeki Jaya, PT Mitra Bumdes Nusantara, dan Induk Koperasi Nelayan Indonesia. Acara penandatanganan kesepakatan antara Ralali.com dan pihak enabler yakni Pemkot Surakarta yang disaksikan secara langsung Walikota Surakarta Gibran Rakabuming ditutup dengan penampilan mengagumkan dari Adi Gunawan, Difabel Tuna Netra serta Founder dan Director Adi Gunawan Institute yang berperan sebagai enabler disabilitas dari Ralali.com. 

Baca juga : Sempat tertunda, Kongres GMNI akan Dibuka Presiden Joko Widodo Awal Desember

Adi Gunawan melakukan live demo kemudahan membuat digital storefront melalui aplikasi Konekto. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Ralali.com ramah dan mudah untuk digunakan oleh Para Disabilitas bahkan Penyandang Disabilitas Tuna Netra. Program Enabler Disabilitas Ralali.com ini bertujuan untuk membantu para UKM dan IKM Disabilitas 4.0. 

CEO Ralali.com Joseph Aditya mengatakan, kerja sama dengan Pemkot Surakarta itu merupakan awalan sebagai stepping stone untuk mewujudkan serangkaian langkah strategis yang berfokus untuk mengembangkan, memperkuat, serta memajukan UKM dan IKM di Surakarta melalui teknologi. 

"Singkatnya, Ralali.com akan meng-empower serta membantu para pelaku usaha untuk mendigitalisasi bisnisnya. Ralali.com juga berikan kemudahan melalui Big Agent dan Konekto. Melalui PT Mitra Enabler Indonesia, Ralali.com berinovasi membentuk enabler khusus untuk UKM dan IKM Disabilitas Go Online. Ralali.com berupaya merangkul dan berikan solusi bisnis untuk kaum disabilitas Indonesia” ungkap Joseph  (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT