29 November 2021, 19:01 WIB

Tanah Longsor Timbun Puluhan Rumah Di Pulau Sembilan


Denny S | Nusantara

SEKIDITNYA 20 rumah penduduk di Desa Maradapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, tertimbun longsor.

Rumah yang terdampak atau terkena longsor diperkirakan 20 rumah. Data korban masih simpang siur, namun dikabarkan ada dua orang belum temukan," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru, Sugianoor, Senin (29/11).

Peristiwa longsor di pulau terluar Provinsi Kalsel yang dihuni para nelayan ini terjadi Senin (29/11) siang. Saat ini sebagian warga mengungsi ke kapal-kapal mereka yang berlabuh di pantai.

Cuaca buruk melanda sebagian besar wilayah Kalsel. Saat ini enam kabupaten di Kalsel dilanda banjir dan tanah longsor sejak dua hari terakhir.

Daerah dilanda banjir meliputi Kabupaten Tabalong, Banjar, Hulu Sungai Utara dan kondisi banjir terparah meliputi Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Selatan.

Sedangkan longsor yang terjadi Kecamatan Hantakan, Hulu Sungai Tengah dan Loksado, Hulu Sungai Selatan menyebabkan akses transporasi ke desa atau dusun di hulu Pegunungan Meratus terputus. Lebih seribu orang warga di sejumlah kabupaten terkena banjir terpaksa mengungsi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Ahmad Yani mengatakan hingga kini banjir masih merendami sebagian besar Kota Barabai, ibukota kabupaten. "Ketinggian banjir bervariasi antara satu hingga dua meter. Kondisi ini praktis menyebabkan aktivitas pemerintahan dan masyarakat lumpuh," ujarnya.

Dinas Sosial Kalsel mencatat sepanjang 2021 ini sudah 42 kali bencana banjir melanda sejumlah wilayah Kalsel, dengan bencana terparah pada Januari 2021 berupa banjir bandang dan tanah longsor. (OL-15)

BERITA TERKAIT