28 November 2021, 21:35 WIB

PT Agincourt Resources Sebar Ribuan Pohon Pada Peringatan HMPI 2021


Yoseph Pencawan | Nusantara

PERINGATAN Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh setiap tanggal 28 November diisi PT Agincourt Resources (PTAR) dengan kegiatan penghijauan. Pengelola Tambang Emas Martabe tersebut memfasilitasi penanaman 3.500 bibit pohon dalam momentum peringatan HMPI 2021 yang disebar di dalam dan luar kawasan tambang.

"Kami melakukan penanaman 3.500 bibit pohon tanaman lokal, baik di dalam maupun di luar lokasi tambang," kata Senior Manager Environment, Health & Safety PTAR Hari Ananto, dalam keterangan tertulis, Minggu (28/11).

Penanaman pohon melibatkan karyawan PTAR, masyarakat sekitar dan pemerintah setempat di tujuh titik. Titik pertama penanaman berada di dalam kawasan tambang, tepatnya pada area Ziah Dump, dengan 500 bibit tanaman lokal, seperti Hapinis, Simarbaliding, dan Kemenyan.

Sedangkan 3.000 bibit pohon lain ditanam di enam lokasi di luar kawasan tambang, tepatnya di sekitar aliran Sungai Batangtoru. Yakni Saba Lombang, Saba Sipatang, area disipater (Desa Telo), Dusun Taman Sari Hapesong Baru, Pulo Godang dan Mabang Pasir (Bantaran Sungai Muara Hutaraja).

"Sesuai dengan tema kegiatan, 'One Man, One Tree', satu orang peserta menanam satu bibit pohon," imbuh Hari.

Senior Manager Community PTAR Christine Pepah menambahkan, bibit-bibit pohon yang ditanam di luar kawasan tambang terdiri dari tanaman lokal Tapanuli Selatan yakni bibit pohon waru, pohon durian dan petai hutan.

Dalam mengadakan kegiatan ini perusahaannya juga menggandeng sejumlah pihak. Di antaranya Kelompok Relawan Destana (Desa Tangguh Bencana), Klub Atletik Batangtoru, Perkumpulan Sahabat Baca PERSADA dan aktivis lingkungan Desa Sumuran.

Adapun Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2008. Peringatan HMPI bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon. (OL-15)

BERITA TERKAIT