28 November 2021, 17:36 WIB

Satu Kecamatan Zona Merah, Pemkab Kendal Evaluasi Penanganan Covid-19


Akhmad Safuan |

PEMERINTAH Kabupaten Kendal, Jawa Tengah melakukan evaluasi menyeluruh penanganan Covid-19 setelah adanya peningkatan kasus dalam beberapa waktu terakhir. Kecamatan Singorojo saat ini masuk zona merah setelah 23 warga di Dusun Banjaran, Desa Banyuringin positif Covid-19.

Meskipun jumlah warga terkonfirmasi covid-19 di dusun tersebut kini tersisa 19 orang yang masih menjalani isolasi mandiri, namun Pemkab Kendal memberikan perhatian khusus terhadap kasus ini yakni dengan berusaha melakukan penanganan cepat agar tidak sampai meluas dengan pengobatan intensif dan lockdown.

"Secara keseluruhan jumlah warga terkonfirmasi covid-19 di daerah ini sudah menurun tinggal 44 orang, karena dilakukan penanganan cepat meskipun satu kecamatan saat ini zona merah," kata Bupati Dico M Ganinduto.

Walaupun terjadi penurunan terutama di zona merah itu, ungkap Dico M Ganinduto, namun Pemkab Kendal tetap melakukan evaluasi secara menyeluruh. Berdasarkan analisis sementara, penambahan kasus ini bukan disebabkan pembelajaran tatap muka yang dilakukan karena mayoritas terkena covid-19 adalah orang dewasa.

Mengantisipasi munculnya kasus covid-19 kembali, demikian Dico M Ganinduto, selain lakukan percepatan penanganan pasien terkonfirmasi virus korona yang ada, juga terus dikejar target vaksinasi terhadap warga Kendal. "Percepatan vaksinasi selain untuk mencegah penyebaran juga bersiap menghadapi Nataru," imbuhnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT