27 November 2021, 23:20 WIB

Program Pencegahan Stunting Kabupaten Banggai Diapresiasi BKKBN


Mediaindonesia.com | Nusantara

KABUPATEN Banggai, Sulawesi Tengah berhasil menjadi juara dalam rangka kompetisi pencegahan stunting. Gelaran ini diikuti 95 kabupaten/kota dan 34 provinsi. 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Pusat (BKKBN). Kabupaten Banggai meraih juara pertama dalam kategori kolaborasi lintas sektor yakni SEHATI. 

Kabupaten Banggai telah mencapai penerima manfaat sejumlah 5.445 orang pada 2021 dan 2020 dengan aktivasi lokasi, serta dukungan pemenuhan gizi, peningkatan sarana penunjang posyandu dalam inovasi SEHATI yakni jemput bola. 

”Saya bersama masyarakat Kabupaten Banggai mengucapkan terima kasih atas penghargaan inovasi SEHATI anak dan Ibu Tercinta yang mana tadi dinyatakan sebagai pemenang satu untuk kategori kolaborasi lintas sektor,” ujar Bupati Banggai Amirudin Tamoreka pada gelaran tersebut, dalam keterangannya, Sabtu (27/11). 

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan kerja sama lintas sektor tak hanya instansi, perusahaan yang ikut terlibat sepenuhnya mendukung program pengentasan stunting hingga berjalan dengan baik. 

Baca juga : Akademisi Pasuruan Sambut Investasi Kosmepack

Ia juga mengirim enam motivator yang sedang menyaksikan bersama di ruang rapat khusus meskipun hanya satu yang menang dalam inovasi tersebut.

”Kami berinisiatif akan memberikan hadiah kepada kategori yang tidak sempat menang berupa uang tunai kepada peserta. Ini merupakan kontribusi dan upaya mereka dalam pencegahan dan penurunan stunting perlu kita apresiasi,” tegasnya. 

Sementara itu Ketua Umum PP ADINKES M Subuh mengapresiasi kepala daerah atau pemerintah yang berhasil menurunkan atau melakukan aksi cegah stunting.

“Semoga inovasi yang ada di tahun ini dapat dikembangkan dan diperluas untuk jadi contoh kepada daerah lain dan menjadi suatu pedoman kedepan,” tutupnya. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT