27 November 2021, 23:10 WIB

Ini Pesan Ketua Hipmi Sumbar pada Wisudawan Politeknik LP31 Padang


Mediaindonesia.com | Nusantara

KETUA Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumatera Barat Brian Putra Bastara menegaska, generasi muda tidak perlu memiliki kekhawatiran berlebihan ketika menghadapi tantangan. Kuncinya dengan menanamkan semangat juang dan kreatifitas. 

"Wisuda adalah momentum awal menggapai masa depan. Di depan, perjuangan masih panjang, banyak orang yang keliru memahami kelulusan, banyak yang mengahgap bahwa setelah lulus maka akan langsung mendapatkan kehidupan yang lebih baik," katanya saat menghadiri Wisuda ke 2 Politeknik LP3I Kampus Padang, melalui keterangan resmi, Sabtu (27/11).

Ia mengaku sudah dua kali merasakan momen wisuda. Pertama saat ia menyelesaikan sarjana di Curtin University, Australia. Kedua usai menyelesaikan Studi Pasca Sarjana di Universitas Andalas.

Baginya, wisuda merupakan momen yang penting. Momen dimana wisudawan sudah bisa menempatkan kampus sebagai bagian dari kenangan hidup. 

"Apa yang kita dapatkan di kampus, adalah penakluk kerasnya hidup ke depan. Ibaratnya pendidikan yang kita jalani, mulai dari taman kanak-kanak hingga lulus kuliah, hanyalah gladi resik semata," urainya. 

Baca juga : Meski Hujan, Ganjar Mandori Pembangunan Kawasan Borobudur

Di era saat ini, lanjut dia, semestinya lulusan perguruan tinggi tidak lagi berpikir untuk bekerja dengan orang, tetapi menjadi pelopor terciptanya lapangan pekerjaan. Jangan berharap terus dipekerjakan namun bermimpilah untuk menjadi pemilik usaha.

"Seperti yang kita sama-sama ketahui, Pada Tahun 2045, Indonesia akan berumur 100 tahun. Indonesia Emas 2045 telah menjadi impian besar, untuk membentuk negeri ini mampu bersaing dengan bangsa lain serta dapat menyelesaikan masalah-masalah yang mendasar di tanah Ibu Pertiwi," paparnya. 

Ia pun menyarankan lima langkah kepada generasi muda. Pertama berpikir kritis dengan melakukan berbagai penilaian dan evaluasi dalam segala pengambilan keputusan yang mengarah pada tindakan yang rasional dan logis.

Kedua, terus mengasah keterampilan berkomunikasi. Ketiga, menjalin Kolaborasi, untuk dapat bekerja sama dengan siapapun dalam mencapai tujuan Bersama.

Keempat, menjadi kreatif, mengembangkan berbagai solusi dengan ide baru untuk setiap masalah. "Kelima, memiliki Ketangkasan yaitu kemampuan untuk adaptif dan responsive dalam menanggapi berbagai perubahan," pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT