25 November 2021, 19:18 WIB

Kasus Covid-19 Bergerak Naik, Pemkot Semarang Siapkan Antisipasi


Akhmad Safuan | Nusantara

KASUS Covid-19 di Kota Semarang, Jawa Tengah kembali bergerak naik. Pemerintah Kota Semarang mulai siapkan sarana prasarana untuk mengantisipasi terjadinya ledakan kasus.

Pemantauan Media Indonesia Kamis (25/11) jumlah pasien covid-19 dirawat di rumah sakit di Kota Semarang kembali bertambah, Saat ini terdapat tujuh pasein yakni empat orang merupakan warga dalam kota dan tiga orang berasal dari luar daerah. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya empat orang.

Meskipun alami penambahan pasien covid-19 tiga orang yang merupakan warga dalam Kota, namun tidak membuat kepanikan karena ketersediaan tempat tidur khusus untuk pasien terpapar virus korona di rumah sakit cukup memadai hingga tidak menimbulkan kepanikan. "Kami telah fungsikan lagi tempat perawatan khusus pasien covid-19, seperti Gedung Nakulo tersedia 120 tempat tidur dan masih ada tambahan ratusan tempat lain tersedia,"  kata Direktur RSUD Wongsonegoro Susi Herawati.

Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan bersama pemerintah provinsi dan pusat telah melakukan langkah siaga menghadapi gelombang ketiga kasus covid-19 yang diprediksikan terjadi akhir tahun ini karena adanya kegiatan Nataru.

Menghadapi kemungkinan gelombang tiga kasus covid-19, lanjut Iswar Aminuddin, saat ini telah disiapkan seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti obat, tempat isolasi berpusat, tempat perawatan baik rumah sakit maupun puskesmas hingga sumber daya manusia.

"Kami saat ini standby dan telah siap menghadapi gelombang tiga, meskipun saat ini terjadi pergerakan kasus namun masih terkendali dengan jumlah pasien terkonfirmasi dapat dihitung jari," ujar Iswar Aminuddin. (OL-15)

BERITA TERKAIT