25 November 2021, 18:51 WIB

Serapan APBD Kota Palembang Masih Minim


Dwi Apriani | Nusantara

KOTA Palembang merupakan salah satu daerah di Sumatra Selatan yang serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masih minim. Hingga November 2021  Berdasarkan laporan penyerapan APBD 2021, hingga November, serapan anggaran Kota Palembang masih 59 persen.

"Di Sumsel memang rata-rata rendah. Palembang sebenarmya di tingkat Sumsel sudah lumayan, tapi diminta untuk dipercepat lagi," kata Sekretaris Daerah Palembang, Ratu Dewa.

Saat ini, masih tersisa satu bulan untuk melakukan percepatan. Meski demikian, dia mengaku optimistis serapan anggaran akan optimal hingga Desember mendatang. Karena, kendala yang terjadi hanya bersifat teknis saja. Sedangkan, penerapan di lapangan sudah terserap optimal.

Ia mengaku kendala yang dialami saat ini, yaitu terkait penginputan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palembang yang masih lambat. Sehingga, persentase serapan masih tidak optimal.

"Untuk persentase serapan di OPD rencana akan kami evaluasi beberapa waktu kedepan. Tapi, secara umum serapan APBD Palembang baru 59 persen," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT