25 November 2021, 17:43 WIB

Hujan Deras Dan Angin Kencang Landa Pantura Gresik dan Lamonngan


M Yakub | Nusantara

HUJAN deras disertai angin kencang melanda wilayah pantura Kabupaten Gresik dan sebagian Kabupaten Lamongan, Jawa Timus, Kamis (25/11) sore. Angin yang bertiup kencang membuat warga resah.

"Hujan dan angin kencang mendadak datang," ungkap Ruyani, salah satu warga Desa Pantenan, Kecamatan Panceng.

Derasnya hujan, sebenarnya tidak membuat warga khawatir. Namun, terpaan angin kencang yang mengiringi hujan itu yang meresahkan. Sebab, angin datang disertai suara gemuruh.

Kencangnya terjangan angin, lanjut dia, sangat terasa di sekitar rumahnya yang berada dipinggiran sawah. "Angin bertiap dari selatan. Suaranya, gemuruh seakan atap rumah mau runtuh," terangnya.

Hal serupa, juga disampaikan Andik warga Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Lamongan. Menurut dia, hujan deras sebenarnya telah dinanti warga dikampungnya sekitar sebulan terakhir. "Tapi, kalau dengan disertai angin kencang dan petir ya takut juga," katanya.

Diakuinya, hujan deras yang menguyur sekitar kecamatannya berlangsung dalam dua hari terakhir. Namun,  derasnya hujan pada hari sebelumnya tidak disertai petir dan angin kencang. "Baru malam ini, hujan bercampur angin dan petir terjadi bersamaan," tambahnya.

Kondisi tersebut, membuatnya resah. Sebab, kuatir angin kencang itu memicu angin beliung yang mengancam bangunan rumah. Terlebih, kampungnya berada di kawasan pinggiran hutan yang berbatasan dengan Kecamatan Paciran. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT