25 November 2021, 10:25 WIB

Warga Ende Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19 Di Kapal Perang TNI AL


Gabriel Langga | Nusantara

WARGA Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur sangat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh TNI AL. Uniknya pelaksanaan vaksinasi itu berlangsung di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Banten-516 yang sandar di Dermaga Pelabuhan Soekarno Ende, pada Rabu (24/11).

Kapal perang TNI AL ini menjadi perhatian warga Ende. Pasalnya, mereka bisa menikmati suasana di atas kapal perang.

Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga mengatakan, pelaksanaan serbuan Vaksinasi Maritim ini adalah wujud nyata dukungan TNI AL kepada Pemkab Ende, agar terbentuk kekebalan kelompok di Kabupaten Ende.

"Pada hari pertama, Rabu (24/11) Serbuan Vaksinasi Maritim di Kabupaten Ende berjumlah 579 orang, dengan dosis ke-1 sebanyak 505 orang dan dosis ke-2 sebanyak 74 orang.

Proses vaksinasi berjalan aman dan lancar. Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di atas kapal perang ini. Tercatat jumlah calon peserta vaksinasi sebanyak 1.800 orang," ungkap Danlanal Maumer Dwi Yoga kepada mediaindonesia.com, Kamis (25/11).

Ia mengaku TNI AL sampai hari ini masih terus melakukan serbuan vaksinasi untuk masyarakat maritim atau pesisir di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Nusa Tenggara Timur.

"Sebelumnya, kita melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Alor. Sehingga hari ini pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Ende yang juga menjadi sasaran target serbuan vaksinasi dari TNI AL. Pelaksanaan vaksinasi ini berlangsung di atas KRI Teluk Banten-516," ucap dia.

Sementara itu, Kadiskes Lantamal VII Kupang Letkol Laut (K) M. Haris Bennu, A.M.Ft., SKM., M.Kes., menambahkan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan oleh TNI AL Lantamal VII  merupakan bagian dari program vaksinasi maritim TNI AL
yang menyasar Kabupaten Ende. Apalagi vaksinasi Covid-19 yang persentase vaksinasi di Kabupaten Ende ini masih tergolong rendah untuk tingkat nasional.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, Lantamal VII Kupang melibatkan tenaga kesehatan yakni Diskes Lantamal VII Kupang, RSAL Samuel J. Moeda Kupang, Balai Kesehatan (BK) Lanal Maumere dan Puskesmas Onekore kota Ende.

Selain itu dikerahkan juga para Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lantamal VII serta Prajurit dari KRI Teluk Banten-516 guna menjaga ketertiban dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Selama kegiatan berjalan aman dan lancar tanpa ada kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19," tutup dia.(OL-13)

Baca Juga: Rehab SMPN 2 Cikalongkulon Tak Beres, Siswa dan Guru Menderita

 

BERITA TERKAIT