25 November 2021, 13:00 WIB

KSP Dorong Percepatan Pengembangan Bandara Siboru di Fakfak


Andhika Prasetyo | Nusantara

KANTOR Staf Presiden mendorong percepatan pembangunan fasilitas di Bandara Siboru, Fakfak, Papua Barat.

Per November 2021, progres pengembangan infratruktur transportasi itu baru mencapai 48,2%. Padahal, target penyelesaian ditetapkan pada 2022 mendatang.

Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin mengungkapkan ada beberapa persoalan yang menghambat laju progres pembangunan, seperti tingginya curah hujan serta akses jalan dan akses listrik yang terbatas.

"Oleh karena itu, KSP akan secepatnya berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk mengatasi masalah yang ada dan mengakselerasi pembangunan," ujar Ngabalin melalui keterangan resmi, Kamis (25/11).

Baca juga: Bandara Ngloram Blora Siap Memulai Penerbangan Perdana

Salah satu fasilitas yang akan ditingkatkan adalah landasan pacu. Saat ini, runway Bandara Siboru hanya 1.600 meter sehingga hanya mampu mengakomodasi pesawat berbadan kecil seperti ATR.

Ke depan, landasan tersebut rencananya akan diperpanjang hingga 2.500 meter sehingga mampu digunakan untuk pesawat yang lebih besar.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Bandara Siboru menjadi perhatian utama KSP.

Jika terwujud, infrastruktur tersebut akan mampu menarik investasi, pariwisata dan potensi ekonomi lainnya di Papua Barat. (OL-1)

BERITA TERKAIT