25 November 2021, 06:41 WIB

Mensos Minta Lima Daerah di Kalteng Petakan Daerah Rawan Banjir


Surya Sriyanti | Nusantara

MENTERI Sosial Tri Rismaharini meminta kepada empat bupati dan wali kotaPalangka Raya untuk segera petakan daerah rawan banjir diwilayahnya masing-masing.

"Perlu adanya berbagai upaya yang harus disiapkan kepala daerah dalam memaksimalkan mitigasi bencana. Karena itu saya minta lima kepala daerah di Kalteng, untuk dapat menyiapkan titik koordinat," pesan Mensos Risma, disela meninjau korban bencana banjir yang mengungsi di GOR KONI, Kota Palangka Raya, Rabu (24/11).

Menurut Risma, penyiapan titik koordinat dibutuhkan untuk mendirikan lumbung sosial, yang terdiri dari lumbung pangan, perahu, penjernih air, genset hingga pampers, yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat yang tidak dapat mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

Sebab kata dia, berdasarkan ramalan BMKG  puncak hujan ini berkisar pada bulan Januari dan Februari.Mudah-mudahan jangan sampai bulan Maret.

Baca Juga: Genangan Banjir di Beberapa Wilayah Kalteng Alami Penurunan

"Saya segera melakukan koordinasi bersama empat Kabupaten dan satu Kota di Kalteng untuk memetakan wilayah mana saja yang rawan terdampak bencana," ungkap alumnus ITS jurusan arsitektur ini.

Mensos Tri Risamaharini berada di Palangka Raya untuk melihat dan membantu pengungsi korban banjir. Selain memberikan bantuan sembako kepada para pengungsi, Mensos juga menghibur anak-anak para korban banjir, dengan mengajak para anak-anak bernyanyi serta memberikan hadiah berupa mainan.

"Ada makanan anak dan makanan harian. Kita juga sudah siapkan untuk kebutuhan dapur untuk memenuhi makan warga yang mengungsi maupun warga yang tidak mengungsi," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Bupati Sikka Tetapkan Status Tanggap Darurat Hingga 20 ...

 

BERITA TERKAIT