24 November 2021, 20:45 WIB

PLN Alirkan Tegangan Pertama SUTT 150 KV Bolok-Tenau


Palce Amalo | Nusantara


PT PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara berhasil melakukan energize atau pemberian tegangan pertama untuk mengoperasikan Saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kilovolt Bolok Tenau, sejak Selasa (23/11) sore.

Pembangunan SUTT 150 kV ini menelan anggaran sebesar Rp97 miliar. PLN harus membangun jaringan sepanjang 19 kilo meter sirkuit (kms). Selain itu ada 31 tapak tower, tersambung dari Gardu Induk Bolok di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang sampai Gardu Induk Tenau di Kelurahan Penkase Oeleta, Alak, Kota Kupang.

General Manager UIP Nusa Tenggara, Josua Simanungkalit menyampaikan
bahwa pembangunan SUTT 150 kV Bolok-Tenau ini dimulai efektif sejak
2019. Keberadaannya sangat menopang kehandalan sistem kelistrikan di Pulau Timor.

"Capaian PLN pada hari ini menyatakan bahwa PLN tetap menunjukkan
komitmen kepada pemangku kepentingan, khususnya pemerintah daerah di Provinsi NTT. PLN siap mendukung investasi dan kemajuan ekonomi daerah. Kami berkomitmen menjaga kualitas pelayanan PLN kepada masyarakat luas dengan sistem kelistrikan yang makin handal," ujar Josua.

Secara teknis investasi PLN untuk memperkuat sistem Pulau Timor melalui
SUTT 150 kV Bolok-Tenau ini akan dpat memecah beban yang saat ini
bertumpu pada GI 70 kV Maulafa.

Josua juga menambahkan, PLN melakukan pembangunan jalur transmisi
dimulai dari proses prakonstruksi seperti perizinan dan pembebasan lahan untuk tapak tower. Pembangunan dilakukan dalam kondisi geografis yang beraneka ragam yang memberikan tantangan tersendiri dalam pengerjaan pembangunan pondasi tapak tower, perakitan tower hingga pembebasan jalur kawat transmisi dan juga penarikan transmisinya sendiri. (N-2)

BERITA TERKAIT