24 November 2021, 17:53 WIB

Cianjur Kebut Percepatan Vaksinasi Di Wilayah Pedesaan


Benny Bastiandy | Nusantara

CAPAIAN vaksinasi covid-19 di sejumlah desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rata-rata di atas kisaran 60%. Saat ini terus digenjot percepatannya untuk mencapai target minimal 70%.

Seperti di Desa Ciherang Kecamatan Pacet. Di wilayah itu cakupan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai kisaran 62%. "Kalau diakumulasi dengan dosis kedua sebetulnya sudah mencapai 90%," terang Kepala Desa Ciherang, Acep Haryadi, kepada Media Indonesia, Rabu (24/11).

Acep menegaskan saat ini sedang dilakukan percepatan capaian. Caranya dilakukan dengan menyasar masyarakat yang belum terdata divaksin. "Kita laksanakan giat (vaksinasi) di setiap RW. Jadi kita jemput bola langsung ke masyarakat," ucapnya.

Setiap kali dilaksanakan vaksinasi, sebut Acep, dikerahkan rata-rata 15-20 orang tim vaksinator. Mereka berasal dari bidan desa serta tim medis dari Puskesmas. "Makin banyak tim vaksinator, maka makin mempercepat capaian," sebut Acep.

Sejauh ini antusias masyarakat mengikuti vaksinasi cukup tinggi. Seperti saar gebyar vaksinasi beberapa waktu lalu, dari target 1.000 orang, yang mendaftar hampir 1.700 orang. "Rata-rata per hari cakupan vaksinasi mencapai 200 orang," pungkasnya.

Kondisi serupa terjadi di Desa Mekarjaya Kecamatan Sukaluyu. Bahkan di desa tersebut cakupannya sudah mencapai 76%. "Kita menyasar sasaran masyarakat melalui RT dan RW, kadus (kepala dusun), maupun Posyandu," terang Kades Mekarjaya, Saepulloh Rahmat, Rabu (24/11).

Pihak desa berupaya maksimal melayani vaksinasi masyarakat. Misalnya terdapat masyarakat yang tempat tinggalnya cukup jauh dari sentra layanan vaksinasi, maka pihak desa memfasilitasi dengan menjemput. "Kita terus laksanakan vaksinasi agar warga kami sehat," pungkasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT