24 November 2021, 17:14 WIB

Disiplin Prokes Masyarakat Temanggung Menurun


Tosiani | Nusantara

WAKIL Bupati Temanggung, Jawa Tengah Heri Ibnu Wibowo, menyayangkan kendurnya penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan covid-19 oleh masyarakat. Pemkab Temanggung akan menggencarkan kembali patroli agar masyarakat kembali mematuhi prokes.

Menurutnya, kecenderungan abai terhadap prokes pencegahan covid-19 mulai terlihat setelah Temanggung berstatus level 2 PPKM beberapa waktu lalu. Ia menilai, terlalu banyak kelonggaran pada level ini menyebabkan masyarakat berpikir bahwa pandemi telah berakhir.

Kondisi tersebut terlihat pada beberapa pertunjukan seni dan budaya yang digelar di wilayah Temanggung. Pada beberapa momen seni tersebut banyak penonton yang sama sekali tidak mengenakan masker dan enggan menjaga jarak.

"Sekarang sulit mengendalikan masyarakat, setelah PPKM level 2 banyak kelonggaran menjadikan masyarakat merasa bahwa Covid-19 sudah berakhir sehingga masyarakat tidak lagi taat prokes," ungkapnya, Rabu (24/11).

Ibnu memaklumi kemungkinan masyarakat sudah mulai jenuh lantaran kondisi pandemi covid-19 berlangsung sudah sangat lama, hampir dua tahun. Di sisi lain, belakangan sudah banyak warga yang menerima vaksinasi sehingga ada kecenderungan mereka merasa sudah kebal terhadap virus corona. Kondisi tersebut membuat mereka tidak lagi mematuhi prokes.

"Iya, masyarakat sudah jenuh menghadapi covid, apalagi yang divaksin sudah banyak dan merasa sudah kebal terhadapcovid. Kita sekarang terus mengimbau agar masyarakat tetap patuh untuk menjalankan prokes," katanya.

Atas kondisi tersebut, Wabup mengkawatirkan potensi lonjakan kasus lagi sehingga terjadi gelombang ketiga penyebaran covid. Guna mengantisipasi hal itu, pihak Pemda berencana kembali menggiatkan patroli, serta meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Makanya kami tetap berusaha untuk mengendalikannya agar tidak terjadi lonjakan kasus covid lagi atau ada gelombang ketiga. Bilamana perlu digiatkan patroli untuk meminta agar masyarakat mematuhi prokes," tandas Wabup. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT