23 November 2021, 23:38 WIB

Capaian Vaksinasi Lansia di Kota Tasikmalaya Capai 50%


Kristiadi | Nusantara

PEMERINTAH Kota Tasikmalaya terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di akhir tahun 2021 untuk masyarakat termasuk lanjut usia (lansia). Pelaksanaan vaksin yang dilakukan terhadap lansia sudah mencapai 50,83% atau 29.744 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra mengatakan, capaian vaksinasi di daerahnya sudah melebihi target yakni 50,83%. Tetapi sekarang ini masih bertahan di PPKM Level 3. Para petugas kesehatan dibantu TNI, Polri selama ini masih mengejar target 60% terutama bagi lansia.

"Kota Tasikmalaya memang sekarang berada di Level 3 dan upaya vaksinasi terus dilakukan dari berbagai titik untuk mengejar target pada akhir tahun 2021. Akan tetapi, dengan capaian tersebut tidak menjadi soal tetapi sekarang ini bagaimana meningkatkan kekebalan tubuh atau herd immunity pada masyarakat jangan pernah lelah," katanya, Selasa (23/11/2021).

Ia mengatakan, petugas kesehatan sekarang terus mempercepat vaksinasi Covid-19 pada akhir 2021 dengan door to door supaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencapai herd immunity. Karena, penyebaran virus korona di Kota Tasikmalaya termasuk daerah lain masih terjadi, terobosan vaksinasi akan terus dilakukan supaya tak terjadi gelombang ketiga.

"Kami akan melakukan berbagai langkah agar semua puskesmas maupun petugas supaya selalu melayani masyarakat dan jangan lelah tapi tetap semangat. Namun, berbagai upaya vaksinasi yang dilakukan petugas sekarang di setiap Polsek dan Koramil sudah berupaya melakukan trategi yakni jemput bola dengan target membawa lansia untuk divaksin hingga diantar ke rumahnya kembali," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota Kompol Shohet mengatakan, vaksinasi yang dilakukan di Kota Tasikmalaya sekarang ini masih terus dilaksanakan di sejumlah gerai termasuk puskesmas dengan sasaran target seluruh masyarakat yang belum divaksin dan untuk dosis vaksin masih tetap mencukupi. Dalam vaksinasi tersebut, agar semua Polsek harus melaksanakan dengan sasaran target masyarakat umum.

"Untuk sekarang vaksinasi yang dilakukan oleh Polri, TNI dan Dinas Kesehatan masih berjalan mengejar target vaksinasi terhadap seluruh masyarakat termasuknya lansia hingga usia 12-17 tahun. Karena, capaian vaksinasi untuk sekarang ini sudah mencapai 64,41% dan mudah-mudahan pada akhir tahun angka itu melebihi 70% tapi kami berharap agar RT, RW dan Kelurahan bisa memberikan data bagi warga yang belum divaksin," paparnya. (AD/OL-10)

BERITA TERKAIT