23 November 2021, 20:18 WIB

Jateng Selatan Bakal Terdampak Siklon Tropis Paddy


Lilik Darmawan | Nusantara

SIKLON tropis Paddy di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah (Jateng) bergerak ke arah barat menjauhi wilayah Indonesia. Meski demikian, dampaknya masih dirasakan yakni hujan deras yang potensial terjadi di Jateng selatan.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan berdasarkan rilis resmi dari BMKG, siklon tropis Paddy bertekanan 995 hPa dengan kekuatan 40 knot atau 75 km/jam.

"Saat sekarang bergerak ke arah barat dengan kecepatan 5 km/jam menjauhi wilayah Indonesia. Ada dampak hujan sedang hingga deras di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jateng, DI Yogyakarta, Jawa Timur," kata  Rendi pada Selasa (23/11).

Menurut Rendi, khusus di wilayah Jateng selatan ada dua kabupaten yang harus siaga. "Dua kabupaten yang masuk dalam kategori siaga adalah Cilacap dan Banyumas. Di Cilacap ada 23 kecamatan dan di Banyumas ada 16 kecamatan. Ada potensi hujan lebat yang dapaty memicu bencana hidrometeorologi," ujarnya.

Sedangkan dua kabupaten yang lain masuk status waspada ada Purbalingga dan Banjarnegara. Di Purbalingga, ada tiga kecamatan dan Banjarnegara satu kecamatan yang perlu waspada. Hujan deras berpotensi terjadi yang dapat memicu banjir dan longsor. (OL-15)

BERITA TERKAIT