23 November 2021, 13:36 WIB

BMKG: DIY Berpotensi Diguyur Hujan Sepanjang Hari


Agus Utantoro | Nusantara

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, mengingatkan, kondisi cuaca di Daerah Istimewa Yogyakarta berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang sepanjang hari.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati, BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas, Selasa (23/11) dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, selama 24 jam mulai hari Selasa pukul 07.00 WIB untuk wilayah DIY, kondisi cuaca pada pagi hari berpotensi terjadi hujan ringan - sedang yang dapat disertai dengan kilat atau petir di wilayah Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul dan di Kabupaten Kulonprogo bagian utara.

Baca juga: Dua WNA Tiongkok Terlibat Dalam Tambang Ilegal di Tanah Bumbu

"Siang  hingga sore hari  berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di
wilayah Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo bagian utara, Kabupaten Bantul bagian utara, Kabupaten Gunung Kidul bagian utara dan timur," kata dia.

Sementara itu, pada malam hari terdapat potensi hujan ringan di wilayah Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo bagian selatan, Kabupaten Gunungkidul bagian selatan dan Kabupaten Bantul bagian selatan serta pada dini hari berawan.

Dengan kondisi prakiraan itu, BMKG Yogyakarta kemudian mengluarkan Peringatan Dini : Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat
disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Sleman, Kota  Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo bagian utara, Kabupaten Bantul bagian utara serta Kabupaten Gunungkidul bagian utara dan timur.

Angin dari arah selatan-barat daya dengan kecepatan maksimum 25 kilometer per jam dan prakiraan gelombang laut dengan tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 1.5 -2.5 meter atau kategori sedang. (H-3)

BERITA TERKAIT