22 November 2021, 15:15 WIB

Bupati Buleleng Minta ASN Tidak Cuti di Akhir Tahun 2021


Arnoldus Dhae | Nusantara

BUPATI Buleleng Putu Agus Suradnyana meminta kepada jajaran ASN di Kabupaten Buleleng agar tidak ambil cuti di akhir tahun 2021. Hal ini untuk mencegah lonjakan Covid-19.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng Ketut Suwarmawan, kepada Wartawan, Senin (22/11/2021). "ASN diminta tidak ambil cuti di akhir tahun bila tidak ada hal yang mendesak. Ini bukan paksaan, tetapi berupa himbauan atau harapan. Agar ASN di lingkup pemkab berkomitmen untuk tidak mengambil cuti pada libur akhir tahun ini, " ujar Suwarmawan.

Komitmen tersebut, jelas dia, sejalan dengan arahan pemerintah pusat terkait larangan pengambilan cuti akhir tahun dalam rangka pencegahan lonjakan Covid-19 pada liburan Natal. Komitmen ini tentu penting, sebab kita perlu mencegah lonjakan angka konfirmasi baru yang rawan terjadi pada hari libur nasional.

Suwarmawan mengatakan, arahan pemerintah tersebut tertuang pada Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti Bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021. Melalui komitmen tersebut, dirinya secara pribadi berharap kasus konfirmasi di Kabupaten Buleleng tidak mengalami lonjakan yang berarti.

ASN Buleleng, ujar Suwarmawan, harus memberikan contoh dan teladan kepada masyarakat untuk seminimal mungkin melakukan pergerakan atau mobilitas masyarakat. Salah satunya dengan tidak mengambil cuti. Ini untuk meminimalisir pergerakan masyarakat.

"Belajar dari pengalaman yang dalam kondisi normal selama ini, banyak ASN yang ajukan libur atau cuti di akhir tahun. Mereka ingin berlibur kesana kemari. Sementara tindakan itu memperbesar pergerakan masyarakat. Saat ini masih pandemi dan ini sangat serius dimana kasus di Buleleng yang sudah melandai jangan sampai naik lagi," imbaunya. (OL-13)

Baca Juga: Kabar Erupsi Gunung Ile Lewotolok Awal Desember Resahkan Warga Lembata

 

BERITA TERKAIT