22 November 2021, 07:41 WIB

BMKG: Kalteng Berpotensi Hujan Deras Disertai Petir Tiga Hari Kedepan


Surya Sriyanti | Nusantara

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalteng mengeluarkan peringatan dini, adanya potensi hujan lebat disertai petir dalam 3 hari kedepan (21-23 November 2021).

Melansir  dari laman resmi BMKG, disebutkan potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat dapat terjadi sejumlah kabupaten di Kalteng seperti Kotawaringin Timur, Seruyan, Katingan, Barito Timur, Barito Selatan. Kemudian potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat akan terjadi hampir diseluruh wilayah Kalteng pada hari ini Senin hingga Rabu (22-23 November).

Sementara itu Gubernur H. Sugianto Sabran dalam rakor bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Mayjen TNI Suharyanto di kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (20/11/2021), mengingatkan kepada seluruh jajaran Pemprov Kalteng dan Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi ancaman la nina dan bencana hidrometeorologi pada akhir tahun 2021 sampai dengan awal tahun 2022.

Hal ini, kata gubernur, sebagai kesiapsiagaan menghadapi fenomena la nina di wilayah Indonesia, sebagaimana peringatan dini yang disampaikan oleh BMKG.

"Bupati dan Wali Kota khususnya yang telah menetapkan status Siaga dan Tanggap Darurat Bencana Banjir untuk tidak keluar daerah selama bencana kecuali ada hal yang sangat penting," tegasnya. (OL-13)

Baca Juga: Roma Rusak Debut Shevchenko di Genoa

 

BERITA TERKAIT