21 November 2021, 23:00 WIB

Sirkuit Mandalika Diharapkan Bisa Naikkan Kelas UMKM NTB 


M. Iqbal Al machmudi | Nusantara

MENTERI Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki berharap adanya event internasional di Nusa Tenggara Barat (NTB) mampu menaikkan kelas UMKM lokal. Hal itu juga sejalan dengan pembangunan Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional yang salah satu tujuannya juga meningkatkan investasi, perdagangan, dan pariwisata di NTB. 

"Karena itu kita harus perlu menyiapkan lebih baik lagi dari sekarang bagaimana ruang promosi dari produk-produk UMKM di Sirkuit Mandalika ini menjadi lebih kuat mempromosikan produk-produk UMKM," kata Teten saat mengunjungi NTB Expo di Kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11). 

Oleh karena itu pendampingan dan kurasi produk, perbaikan branding, serta perbaikan produk menjadi penting karena dalam banyak kejadian dalam peristiwa banyak produk UMKM ditemukan di daerah pariwisata dan bisa masuk ke pasar global. 

Teten menjelaskan, masuknya produk daerah ke level internasional diawali dari hal sederhana, yakni ketika produk UMKM jadi oleh-oleh atau suvenir dari wisata. Hal tersebut yang membuka akses produk UMKM masuk ke pasar dunia baik kuliner, fesyen, dekorasi rumah, atau produk lain yang potensial. 

"Kita harus tampilkan produk UMKM yang betul-betul berkualitas jadi bukan hanya menjadi ruang promosi partisipasi UMKM tapi kita harus seleksi karena kita yang mau kedepankan adalah yang memiliki keunggulan dan daya saing produk," ujarnya. 

Baca juga : Pengembangan UMKM Difokuskan pada Produk Kreatif dan Digital 

Ia menjelaskan, UMKM harus diarahkan dalam 2 hal yakni kapasitas produksi dan daya saing produk, di dalam negeri sudah terbuka pasar untuk negara kawasan karena ada perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan e-commerce juga membuka pasar untuk dijual ke luar negeri. 

"Kita harus menyiapkan produk UMKM kita yang siap bersaing dengan produk luar baik dalam negeri maupun luar negeri," ucapnya. 

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah menjelaskan, pemerintah daerah terus mendukung upaya pengembangan UMKM dengan memanfaatkan Sirkuit Mandalika lewat penyelenggaraan NTB expo atau pameran UMKM. 

"Ini menjadi suatu acara yang sangat membahagiakan kami dan yang sangat ditunggu-tunggu karena lebih dari 300 UMKM yang terlibat" ujar Sitti. (OL-7)

BERITA TERKAIT