21 November 2021, 21:15 WIB

Sirkuit Mandalika Diharapkan Beri Dampak Pada Sektor Ekonomi dan Sosial NTB 


Tri Subarkah | Nusantara

PAKAR Pemasaran Universitas Gadjah Mada Bayu Sutikno menyebut kekuatan branding Sirkuit Jalanan Internasional Pertamina Mandalika di Nusa Tenggara Barat sangat besar. Oleh sebab itu, penyelenggaraan kejuaraan balap di sana harus bisa berdampak pada industri di sekitarnya. 

"Saya senang misalnya di sana direncanakan dibangun politeknik terkait dengan otomotif, sehingga ekonomi tuh bergerak," ujar Bayu saat dihubungi Media Indonesia dari Jakarta, Minggu (21/11). 

Dengan demikian, daya tarik Mandalika tidak hanya terjadi saat ajang balapan digelar. Salah satu cara lain yang bisa dilakukan pemerintah adalah dengan memindahkan beberapa industri otomotif di daerah tersebut. 

Baca juga : Drainase Sirkuit Mandalika Jadi Sorotan Pembalap WSBK 

Menurut Bayu, keberhasilan membangun Sirkuit Mandalika juga perlu diimbangi dengan manajemen penyelenggaraannya. Ia meminta agar sirkuit itu dikelola dengan standar internasional. 

Selain menggerakan roda eknomi dengan datangnya turis, penyelenggaraan ajang balap di Sirkuit Mandalika diharap bisa mendongkrak kredibilitas Indonesia di kancah internasional. Bahkan, lanjut Bayu, tidak menuntup kemungkinan jika Mandalika akan menggeser popularitas Pulau Bali. 

"Kita berharap Mandalika bisa menajdi New Bali. Dari kekuatan branding, Mandalika ini berpotensi," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT