21 November 2021, 20:06 WIB

Bandara Ngloram Blora Siap Memulai Penerbangan Perdana


Akhmad Safuan |

BANDARA Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah telah siap dioperasikan, persiapan penerbangan perdana Jumat (26/11) Ngloram (Blora)-Halim (Jakarta) didatangkan.

Pemantauan Media Indonesia, Minggu (21/11) puluhan pekerja terus bekerja untuk menyelesaikan pembangunan Bandara Ngloram Blora yang segera dioperasikan, beberapa pekerjaan kecil seperti pembersihan, pengpengecatan dan pembenahan lain baik itu di bagian terminal, Arpon hingga taxway.

Penerbangan perdana rute Bandara Ngloram - Halim Perdanakusuma direncanakan Jumat (26/11) mendatang oleh maskapai Citilink dengan pesawat ATR 72. Segala persiapan terus dimatangkan baik itu kesiapan landasan pacu sepanepala 1.500 x 30 meter, taxway 142 x 23 meter, arpon 90 x 60 meter dan terminal penumpang seluas 3.526 meter persegi.

Baca jugaGubernur Jateng Ganjar Kaji Penetapan Upah Minimum Provinsi

Bandara Ngloram menurut rencana akan diberi nama Abdurrahman Wahid tersebut, secara umum telah siap beroperasi karena sarana dan prasarana tersedia cukup lengkap termasuk sarana transportasi lanjutan seperti angkutan umum, taxi bandara, kereta api dan lainnya untuk memudahkan penumpang pesawat menjangkau daerah tujuan.

"Segala persiapan untuk penerbangan perdana mendekati penyelesaian, bandara sudah siap beroperasi, khusus taksi rencana disediakan Pemkab Blora melalui BUMD, kereta api dari Daop IV tinggal menunggu realisasi," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewandaru Ariadi Widiawan.

Bupati Blora Arief Rohman usai melakukan peninjauan persiapan di Bandara Ngloram mengatakan setelah melihat langsung pembangunan bandara ini tampak sudah siap semua, termasuk sarana dan prasarana untuk penumpang seperti loket tiket, pengecekan barang bawaan, kesehatan dan ruang tunggu yang nyaman.

Selain persiapan fisik di bandara ini, ungkap Arief Rohman, persiapan lain juga telah jauh hari dilakukan dengan menjalin komunikasi dan kerja sama semua pihak seperti maskapai, PT KAI, profeder sarana komunikasi dan lainnya. "Kita juga siapkan angkutan lanjutan untuk memudahkan penumpang baik dari maupun ke bandara," imbuhnya. (H-3)

BERITA TERKAIT