20 November 2021, 11:38 WIB

Longsor Terjang Banjarnegara, 4 Tewas


Lilik Darmawan | Nusantara

EMPAT orang tewas dan satu lainnya luka-luka akibat bencana longsor di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat (13/11) malam. Empat korban tewas berhasil dievakuasi sejak Jumat malam hingga Sabtu (14/11) dinihari.

Empat korban tewas adalah Bunga Citra Ramadani, 13, Alfino Sudarmaji,11,  Andri Ferowati, 42, seorang bidan desa. Ketiganya ditemukan sejak Jumat malam sampai Sabtu dinihari. Sedangkan korban terakhir yang berhasil dievakuasi adalah Partini, 36. Satu korban lagi adalah  Putri Olivia Sudarmadji, 9, mengalami luka-luka.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto mengatakan longsor dipicu oleh hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sejak siang sampai sore. "Pemicu longsor adalah hujan yang cukup lama di wilayah setempat," kata Aris, Sabtu (20/11).

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Andri Sulistyo mengatakan ketika peristiwa terjadi tidak ada hujan. "Karena curah hujan yang tinggi pada siang hingga sore, maka memicu longsor pada malam harinya," ujarnya.

Menurutnya, longsor menerjang dua rumah setelah tebing setinggi 25 meter dengan kemiringan 70 derajat. "Longsotlr menimpa dua rumah. Satu rumah milik keluarga Budiman dan satu rumah lain dikontrak seorang bidan," jelas Andri.

Dia menambahkan operasi pencarian ditutup pada Sabtu jam 05.00 WIB, setelah seluruh korban dievakuasi semuanya. (N-1)

BERITA TERKAIT