19 November 2021, 20:05 WIB

Banjir Putus Jalan Trans Kalimantan, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Kalteng Aman


Surya Sriyanti | Nusantara


RUAS Jalan Trans Kalimantan Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau , Kalteng ditutup sementara, akibat banjir. Luapan Sungai Kahayan membuat banjir mencapai 1,5 meter.

Agar pasokan bahan bakar minyak di empat kabupaten di Kalteng tetap terjaga, Pertamina terpaksa mengirim BBM lewat Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Guna menjaga kelancaran pasokan telah dilakukan alih suplai dari Fuel
Terminal Pulang Pisau ke Integrated Terminal Banjarmasin," ujar Area
Manager Communication, Relation, & CSR Regional Kalimantan, Susanto
August Satria, Jumat (19/11).

PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan tetap memastikan pasokan BBM untuk Kabupaten  Barito Selatan, Kapuas, Gunung Mas,dan Pulang Pisau, tetap aman, meski Jalan Trans Kalimantan di Bukit Rawi yang biasa dilewati transportasi logistik termasuk BBM untuk 4 kabupaten masih terputus akibat  banjir.

Dijelaskan Satria, Pertamina menempuh langkah untuk menjaga ketersediaan BBM di wilayah yang terdampak banjir walau truk tangki harus menempuh jarak 600 kilometer dari Banjarmasin.

"Dengan jarak tempuh yang lebih jauh maka waktu tempuh pun menjadi lebih lama. Tapi ini solusi terbaik saat ini ketimbang menunggu surutnya air yang tidak dapat diprediksi. Pertamina mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir karena stok BBM dalam kondisi yang mencukupi tanpa ada pengurangan," jelasnya. (N-2)

 

BERITA TERKAIT