16 November 2021, 10:15 WIB

Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 di Palembang Lampaui 70 Persen


Dwi Apriani | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19. Dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel, baru Kota Palembang yang capaian vaksinasinya sudah di atas 70 persen.

"Kita mencatat bahwa memang Kota Palembang capaian vaksinasinya sudah di atas 70 persen, yaitu 71,01 persen untuk dosis pertama," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy, Selasa (16/11/2021).

Menurut Lesty, walupun capaian vaksinasinya sudah di atas 70 persen masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

"Meskipun capaiannya sudah di atas 70 persen vaksinasi tetap di lanjutkan hingga semua sasaran divaksin," kata dia.

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Palembang Yudhi Setiawan mengatakan, target dari Kemenkes RI, setiap Kabupaten/Kota  harus mencapai minimal 70 persen cakupan imunisasi Covid-19 untuk dosis pertama.

"Dari 1.240.849 total sasaran yang harus divaksin Covid-19 di kota Palembang capaiannya sudah  878.892 orang  atau 71,01 persen untuk dosis pertama," katanya.

Menurut Yudhi, dari 17 Kabupaten/Kota  yang ada di Sumsel, baru kota Palembang yang sudah mencapai 70 persen. Tentunya keberhasilan ini merupakan usaha dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan pihak swasta.

"Kami pihak Dinkes akan tetap terus meningkat kan cakupan vaksinasi ini, dengan mengajak masyarakat yang belum divaksin supaya segera divaksin dengan mendatangi fasyankes atau sentra pelayanan vaksinasi massal," pesannya.

Ia menjelaskan, tujuannya adalah supaya terbentuk herd imunity, supaya Covid-19 bisa terkendali. Secara teori memang jika sudah 70 persen yang divaksin akan terbentuk herd imunity.

Namun, sebaiknya lebih tinggi lagi cakupan, agar semakin besar kemungkinan terbentuk herd imunity di masyarakat.

"Meskipun capaian vaksinasi sudah di atas 70 persen, diimbau kepada masyarakat tetap konsisten menerapkan Prokes. Sebab pandemi Covid-19 belum berakhir," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 1 Orang, 2 Sembuh

BERITA TERKAIT