14 November 2021, 17:30 WIB

Banjir Telah Surut, BPBD Gowa Salurkan Bantuan Logistik


Ferdian Ananda Majni |

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan bahwa banjir yang melanda wilayahnya kini sudah surut. Pasca banjir, bantuan logistik segera didistribusikan guna memberikan kebutuhan dasar bagi para warga terdampak. Adapun logistik tersebut berisi makanan siap saji dan peralatan dapur. 

Banjir melanda sejumlah wilayah di Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi terdampak berada di Dusun Sunggumnai, Desa Belapunranga, Kecamatan Parangloe. Tercatat sebanyak 25 KK / 67 jiwa terdampak, dari jumlah tersebut 17 unit rumah yang di huni warga juga ikut tergenang banjir. 

Baca juga: Kapolda Banten Tegaskan Serius Berantas Pungli

Peristiwa ini terjadi setelah hujan lebat yang terjadi pada Jumat (12/11) pukul 16.00 WITA. BPBD Kabupaten Gowa bersama tim gabungan melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat juga terus dijalin dalam mengantisipasi adanya banjir atau longsor susulan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan peringatan dini hari ini (14/11) potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Pinrang, Luwu, Sinjai, Makassar, Gowa dan Takalar.

Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito mengimbau masyarakat untuk meningkatkan waspada dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi risiko ancaman La Nina. 

Sesuai dengan instruksinya, Ganip mengingatkan untuk lebih meningkatkan jejaring komunikasi peringatan dini berbasis komunitas di hulu dengan di hilir. 

"Diharapkan saat terjadi hujan deras, dilakukan pengecekan jika ada longsoran dinding tebing alur sungai yang berpotensi menjadi bendung alam pemicu banjir bandang," pungkas Ganip. (OL-6)

BERITA TERKAIT