13 November 2021, 17:40 WIB

Banjir Lahar Dingin Gunung Ile Lewotolok Putuskan Jalan Desa


Palce Amalo |

BANJIR lahar dingin dari Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, memutuskan jalan penghubung menuju empat desa, Sabtu (13/11). Empat desa itu yakni Tanjung Batu, Amakaka, dan Napasabok di Kecamatan Ile Ape dan Jontona di Kecamatan Ile Ape Timur. 

Lahar dingin mengalir dari Ile Lewotolok akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah itu sejak Jumat (12/11) malam sampai Sabtu pagi. Setelah hujan reda, warga setempat ramai-ramai datang ke jalan yang putus untuk membangun jalan darurat. Mereka menimbun jalan yang putus tersebut dengan batu agar arus lalu lintas kembali lancar.

"Kami mengharapkan pemerintah daerah membangun jembatan agar jika terjadi lagi banjir lahar dingin, akses transportasi tidak putus," kata Kepala Desa Amakaka terpilih, Ambo Langobelen. Musibah itu mengkibatkan sejumlah warga panik dan mengungsi tetapi mereka kemudian kembali ke rumah.

Baca juga: Empat Pegawai BPN Lebak Diciduk terkait Kasus Korupsi

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di 10 kabupaten di NTT pada Sabtu siang hingga sore, antara lain Kota Kupang, Manggarai, Timor Tengah Selatan, dan Rote Ndao. Masyarakat diminta waspada untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang. (OL-14)

BERITA TERKAIT