11 November 2021, 20:02 WIB

Menteri PUPR Minta Korban Banjir Bandang Kota Batu Direlokasi


Bagus Suryo | Nusantara

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan masyarakat terdampak banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur, harus segera direlokasi. Relokasi dilakukan bagi mereka yang bermukim di bantaran sungai.

Basuki mengungkapkan hal itu saat meninjau lokasi banjir bandang di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis
(11/11). Selain relokasi, Basuki menekankan solusi penanganan bencana agar  secepatnya membersihkan dan melebarkan alur sungai. "Lebih lebar lebih baik," tegasnya.

Penanganan lainnya yang harus dilakukan adalah memperbaiki jaringan pipa air minum bekerja sama dengan PDAM. Perbaikan jembatan juga harus secepatnya dan gorong-gorong diperlebar.

Menurut Basuki, banjir bandang ini serupa dengan daerah lainnya karena saluran air tersumbat material longsoran tanah. Akhirnya, sumbatan itu menjadi bendung alam di hulu. Saat hujan deras, bendungan jebol lalu banjir bandang  mengalir ke alur sungai.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan segera berkoordinasi dengan camat dan kepala desa terkait relokasi. "Masyarakat terdampak khususnya yang berada di bantaran sungai agar  bersedia untuk direlokasi," ujarnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT