11 November 2021, 17:09 WIB

Musim Paceklik, Harga Beras di Gresik Diprediksi Terus Melambung


Yakub Ahmad | Nusantara

HARGA beras di pasar tradisional Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengalami kenaikan sekitar Rp500-Rp1.000 per kilogram (kg). Hal ini karena petani di kawasan setempat sedang memasuki musim paceklik.

"Iya saat ini harga naik kisaran Rp1.000 per kg," terang Dewi, pedagang beras di Pasar Panceng, Gresik, Kamis (11/11) siang. Menurut dia, untuk beras kualitas medium harganya naik sebesar Rp500 dari yang semula kisaran Rp9.000 per kg. 

Sedangkan, untuk kualitas premium naik sebesar Rp1.000 dari harga sebelumnya kisaran Rp9.000 per kg. "Ini karena petani sedang musim paceklik, Mas," tambahnya.

Senada disampaikan Wandi, pemilik penggilingan padi di kawasan setempat. Menurut dia, kenaikan beras terjadi dalam sepekan terakhir. 

Ini karena hanya sebagian kecil lahan pertanian yang panen. Sebagian besar lahan pertanian lain dalam kondisi telantar tanpa tanaman.

Baca juga: Bus Tabrak Dua Minibus di Sumberlawang Sragen

Ia juga memprediksi dalam beberapa pekan mendatang harga beras bakal terus melambung naik. Pasalnya, petani baru akan mengolah lahan pada musim penghujan ini hingga akhir bulan mendatang. (OL-14)

BERITA TERKAIT