10 November 2021, 09:50 WIB

Rayakan Hari Pahlawan, Sahabat Ganjar Gerebek Markas Veteran Pejuang Kemerdekaan


mediaindonesia.com | Nusantara

MEMPERINGATI Hari Pahlawan, yang jatuh pada 10 November 2021, Sahabat Ganjar menyambangi Kota Surabaya, yang menjadi tonggak perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Sahabat Ganjar melakukan aksi sosial dengan memberikan santunan dan bantuan sosial kepada PKRI (Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia) dan veteran yang tergabung dalam LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) di Surabaya, Selasa (9/11).

Orang boleh saja berkata, “Yang lalu biarlah berlalu,” atau “Untuk apa mengingat yang sudah berlalu.” Namun, faktanya kita tidak bisa melupakannya begitu saja. Masa lalu adalah guru terbaik dalam kehidupan. Tanpanya kita tidak akan menjadi diri kita yang sekarang. 

Baca juga: Sahabat Ganjar Bersilaturahmi dengan Asparagus di Yogyakarta

Sama halnya dengan mempelajari sejarah negara. Bung Karno, dalam pidatonya pada 17 Agustus 1966 pernah berkata, “Jasmerah!” yang berarti “Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah”. Ya begitu pentingnya sebuah sejarah untuk dipahami agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Memaknai Hari Pahlawan dan menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan, Sahabat Ganjar bersilaturahmi dan memberi dukungan kepada para veteran pejuang kemerdekaan di Surabaya. 

“Kami memberikan dukungan dan bantuan sosial kepada para PKRI Indonesia sebagai penghargaan yang setingi-tingginya terhadap mereka. Jasa para pahlawanlah yang membuat kita bisa menikmati kemerdekaan sampai saat ini,” ujar Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar Jaka Saptana.

Rangkaian acara dibuka dengan silaturahmi dan jamuan makan bersama para veteran kemudian dilanjut dengan pembagian santunan kepada 41 anggota PKRI dan 10 pengurus LVRI Kota Surabaya yang berlokasi di Gedung LVRI, Jalan Mastrip, Surabaya. 

Selanjutnya, Sahabat Ganjar melakukan Gerebek Rumah tiga anggota PKRI. Rumah pertama yang dikunjungi yaitu Rumah Sudjud Tarkojosopuro yang berlokasi di Sidosermo PDK VC Kavling 69 Surabaya. 

Berlanjut Rumah kedua yang dikunjungi Sahabat Ganjar adalah Rumah Iswari yang bertempat di Jalan Bendul Merisi GG Besar Timur No.145, Surabaya. 

Terakhir rumah ketiga yaitu Rumah PKRI Bapak Soetrimo beralamat di Jalan Sidosermo PD. VI Surabaya. 

Sahabat Ganjar juga memberikan bingkisan kepada 3 anggota PKRI tersebut berupa Paket Sembako dan Santunan.

Dalam acara itu, Ketua DPW Sahabat Ganjar Jawa Timur Bambang Wahyuono menyampaikan rasa Terima kasih kepada para PKRI  dan anggota LVRI serta seluruh Sahabat Ganjar yang sudah menjalankan AKSI Sosial di Surabaya. 

“Saya sangat-sangat berterima kasih kepada seluruh lapisan Sahabat Ganjar yang sudah mengingat jasa-jasa para Pahlawan Indonesia, khususnya kota Surabaya ini. Gerakan aksi sosial kami ini semoga bisa menjadi cerminan kepada masyarakat seluruh Indonesia untuk menghargai para pahlawan yang sudah berjuang sebelumnya,” tutur Bambang Wahyuono.

Bagi Sahabat Ganjar, semangat kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidak lepas dari perjuangan para PKRI. Sehingga diharapkan melalui bantuan ini dapat meringankan beban bagi PKRI di masa pandemi.
 
“Semangat kemerdekaan di masa pandemi COVID19 tentunya tidak menjadi halangan bagi Sahabat Ganjar memberikan yang terbaik untuk Indonesia.” Tutup Indah CH, selaku Humas DPP Sahabat Ganjar saat ditemui di lokasi. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT