07 November 2021, 20:40 WIB

Kalimantan Tengah Laksanakan Vaksinasi Merdeka


Surya Sriyanti | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota, TNI/Polri serta pemangkut kepentingan terkait terus menggencarkan vaksinasi covid-19.

Kali ini, mereka menggulirkan program Vaksinasi Merdeka untuk 2.000 orang yang dilaksanakan di Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu (7/11). Jalannya vaksinasi dikawal Gubernur H Sugianto Sabran dan Wakil Gubenur H Edy Pratowo.

Dalam kegiatan itu, Sugianto mengimbau agar pelaksanaan vaksinasi
diiringi dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Warga juga diminta terus melaksanakan gerakan 5 M dan strategi 3 T.

"Saya mengajak kita semua untuk mendukung tenaga kesehatan dalam
melakukan upaya 3T yaitu Tracing, Testing dan Treatment untuk
meminimalisir penyebaran covid-19," tegasnya.

Sementara itu, Edy menyatakan pelaksanaan vaksinasi ini merupakan kerja sama seluruh pemangku kepentingan. "Kegiatan ini diselenggarakan secara bersama-sama dengan TNI/Polri, Perbankan, Lembaga Peradilan, sebagai bentuk kebersamaan menuju kekebalan komunal. Harapannya, November ini sudah 70% dari target sudah bisa dipenuhi."

Gubernur Kalteng telah menginstruksikan Dinas Kesehatan membentuk Satuan Tugas Percepatan Vaksinasi Covid-19. Pembentukan Satgas dalam rangka untuk mempercepat jangkauan vaksinasi covid-19. Pembentukan satgas ini untuk merealisasikan target pada Desember seluruh sasaran sudah mendapatkan vaksinasi.

Sementara itu Kabid Humas Polda Kalteng Kombes K Eko Saputro, mengatakan Vaksinasi Merdeka diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan vaksinasi dalam rangka memperingati hari Pahlawan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang
sehat di tengah pandemi covid-19," imbuhnya.

Pihaknya menargetkan 2.000 dosis vaksin bisa disuntikkan pada warga. "Semoga kegiatan ini dapat mempercepat target vaksinasi, sehingga
Kalteng zona hijau dapat segera terwujud," ungkapnya. (N-2)

BERITA TERKAIT